Jembatan Kereta Api Padang Panjang, Keajaiban Arsitektur yang Menceritakan Sejarah Perkeretaapian di Sumatera Barat

Jembatan Kereta Api Padang Panjang, Keajaiban Arsitektur yang Menceritakan Sejarah Perkeretaapian di Sumatera Barat. (Foto : Dok. Istimewa)
Jembatan Kereta Api Padang Panjang, Keajaiban Arsitektur yang Menceritakan Sejarah Perkeretaapian di Sumatera Barat. (Foto : Dok. Istimewa)

Nostalgia yang Menghembuskan Angin Segar

Perjalanan kereta api di Sumatera Barat tidak hanya sekadar transportasi, tapi juga perjalanan nostalgia.

Seakan teks-teks berbahasa Belanda kembali muncul, mengingatkan kita pada zaman ketika kereta api adalah simbol modernitas.

Pompa air katel Lokomotif Mak itam yang sudah setengah abad tidak terdengar lagi, tapi semangatnya masih hidup dalam kebutuhan akan moda transportasi massal di era sekarang.

Bacaan Lainnya

Rel Gigi Terpanjang di Indonesia: Adaptasi Teknologi di Lembah Anai

Jalur kereta api Padang-Padang Panjang-Solok melibatkan tantangan topografi yang berbukit-bukit dan berhutan lebat.

Rel gigi, terpanjang di Indonesia, menjadi solusi untuk melewati daerah dengan tanjakan dan lengkungan yang sulit.

Konstruksi rel ini, yang bergerigi untuk daerah dengan tanjakan dan tidak bergerigi untuk daerah datar, mencerminkan adaptasi teknologi terhadap kondisi alam.

Jembatan yang Tetap Berdiri: Kokohnya Jembatan di Tengah Gempa

Gempa tahun 1926 melanda, namun Jembatan Kereta Api Lembah Anai tetap kokoh berdiri.

Artinya, bukan hanya sebuah jembatan fungsional, tetapi juga cagar budaya yang menjadi saksi sejarah.

Keberadaannya menandakan pentingnya transfer dan adaptasi teknologi yang ditinggalkan oleh Pemerintah Hindia Belanda.

Pos terkait