Wow ! Terowongan Tol Terpanjang di Indonesia Bikin Kaget! Simak Progres Kilat Jalan Tol Padang Si Cincin yang Bikin Liburan Makin Seru!

Wow ! Terowongan Tol Terpanjang di Indonesia Bikin Kaget! Simak Progres Kilat Jalan Tol Padang Si Cincin yang Bikin Liburan Makin Seru! (Foto : Dok. Istimewa)
Wow ! Terowongan Tol Terpanjang di Indonesia Bikin Kaget! Simak Progres Kilat Jalan Tol Padang Si Cincin yang Bikin Liburan Makin Seru! (Foto : Dok. Istimewa)

Jalan tol Padang Si Cincin akan dilengkapi dengan jembatan layang yang memanfaatkan kontur alam yang ekstrem, dengan lembah hingga 30 m dan panjang hingga 500 m.

Penggunaan an Bridge memungkinkan struktur atas yang lebih ringan dan proses pekerjaan yang lebih mudah.

Terowongan Tol Pertama di Indonesia

Proyek ini juga mencatat pencapaian luar biasa dengan adanya terowongan sepanjang 8,9 KM di daerah Payakumbuh.

Bacaan Lainnya

Terowongan ini tidak hanya menjadi terowongan tol pertama di Indonesia tetapi juga yang terpanjang.

Untuk membangun terowongan ini, diperlukan dana sekitar Rp9 triliun dari total dana pembangunan keseluruhan, yang mencapai Rp78,09 triliun.

Operasional dan Resmi Dibuka

Pada tanggal 27 Oktober 2022, ruas Pekanbaru Padang sesi Pekanbaru Bangkinang resmi beroperasi dan dibuka untuk umum, meskipun masih dalam tahap uji coba tanpa dikenakan tarif.

Pada tanggal 4 Januari 2023, sesi 6 Pekanbaru Bangkinang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Harapan untuk Masa Depan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadi Mulyoni, menyampaikan bahwa terowongan digunakan untuk menghemat rute perjalanan.

Dengan optimisme, diharapkan bahwa tahun depan jalan tol Padang Si Cincin dapat selesai sepenuhnya, memungkinkan masyarakat menikmati perjalanan mudik yang lebih efisien.

Dengan progres yang semakin cepat, jalan tol Padang Si Cincin menjadi harapan bagi konektivitas Sumatera Barat dan Riau, membuka peluang baru untuk pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di kedua provinsi ini.

(Fiyu)

Pos terkait