Kota Pariaman Raih Kategori Madya Penghargaan APE 2023, Komitmen Tinggi untuk Kesetaraan Gender

TOPSUMBAR – Menjelang akhir tahun 2023, Pemerintah Kota Pariaman sekali lagi mendapat penghargaan nasional dari pemerintah pusat.

Kali ini, mereka meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPPA).

“Alhamdulillah, Tahun ini kita kembali menerima Penghargaan APE dari Kementerian PPPA RI, dan Kota Pariaman naik tingkat, dari kategori Pratama di tahun 2021, menjadi kategori Madya di tahun 2023,” ucap Lucyanel Arlym, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3AKB) Kota Pariaman, pada Jumat sore 22 Desember 2023.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, Lucyanel menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan terhadap komitmen Pemerintah Daerah dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) di Kota Pariaman. Penghargaan ini diumumkan daring oleh Kementerian PPPA RI pada hari Selasa 19 Desember 2023.

“APE adalah pengakuan terhadap komitmen dan peran pimpinan kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender, dan kita terus berkomitmen untuk itu,” ungkapnya.

Istri mantan Walikota Pariaman ini juga menyatakan bahwa dengan komitmen tinggi Pemerintah Daerah terhadap pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, termasuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender di Kota Pariaman, mereka dapat terus meraih penghargaan yang semakin meningkat pada setiap penilaian.

“Kita telah mengambil langkah lebih maju dalam mewujudkan hal tersebut,” ulasnya.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, tentu diperlukan upaya dan kerjasama dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemko Pariaman dan stakeholder terkait, agar dapat saling berkoordinasi dan bersinergi, sehingga prestasi ini dapat terus ditingkatkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, menyatakan bahwa implementasi pengarusutamaan gender dalam pembangunan diharapkan dapat mengurangi kesenjangan gender di kalangan masyarakat.

“Pengarusutamaan gender telah ditetapkan sebagai salah satu dari empat prinsip utama guna mewujudkan pembangunan yang inovatif dan adaptif, sehingga dapat menjadi katalis pembangunan menuju masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan,” terangnya dalam acara Penganugerahan APE Tahun 2023, yang disiarkan langsung di Metro TV pada pukul 15.00 WIB hari ini.

Menteri PPPA juga menyebutkan bahwa Kementerian PPPA memberikan penghargaan APE setiap dua tahun sekali, sejak tahun 2006.

Penghargaan ini memiliki empat kategori, yaitu kategori pratama, kategori madya, kategori utama, dan kategori mentor.

“Khusus untuk penerima kategori Nindya dan Mentor, kita serahkan langsung hari ini, sedangkan untuk kategori pratama dan madya, sudah diumumkan pada saat daring selasa yang lalu,” tutupnya.

Dalam Penganugerahan Parahita Ekapraya 2023, sebanyak 2 (dua) Kementerian/Lembaga, 5 (lima) Provinsi, dan 100 Kabupaten/Kota meraih penghargaan Kategori Pratama.

Untuk Kategori Madya, sebanyak 2 (dua) Kementerian/Lembaga, 6 (enam) Provinsi, dan 82 Kabupaten/Kota meraih penghargaan tersebut termasuk Kota Pariaman.

Sementara itu, sebanyak 1 (satu) Kementerian/Lembaga, 8 (delapan) Provinsi, dan 40 Kabupaten/Kota berhasil meraih penghargaan Kategori Nindya.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait