Pemprov Sumbar Siapkan Diri Hadapi Pemilu 2024, Gubernur Tekankan Pentingnya Kesiapan dari Awal

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, mendorong seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Sumbar untuk memulai kegiatan kedinasan tahun 2024 sejak awal tahun.

Ia mengingatkan bahwa tahun depan akan diselenggarakan Pemilihan Umum (Pemilu), yang diperkirakan akan meningkatkan kesibukan masyarakat.

Pernyataan tersebut disampaikan Gubernur saat memimpin apel di Kantor Dinas Pangan Provinsi Sumbar, yang dihadiri oleh ASN Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Kehutanan (Dishut) Sumbar, pada Senin 6 November 2023.

Bacaan Lainnya

Gubernur juga menekankan pentingnya menjalankan kegiatan dengan kerja sama tim, bukan hanya mengandalkan kemampuan individu.

“Mari kita segera laksanakan kegiatan pada bulan Februari tahun 2024. Tidak perlu menunggu pertengahan tahun untuk memulainya, dan menghindari penumpukan di akhir tahun. Mengingat tahun depan akan ada Pemilu Legislatif dan Pilpres, aktivitas di masyarakat akan sangat padat. Kita harus memastikan bahwa kegiatan ini tidak mengganggu jalannya pemerintahan,” ujar Gubernur.

Gubernur juga menekankan pentingnya memahami rencana dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan. Selain itu, pemahaman akan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) juga menjadi hal yang krusial, karena keberhasilan suatu kegiatan sangat bergantung pada kebersamaan, bukan hanya pada kemampuan individu.

“Kita tidak boleh hanya mengandalkan kemampuan individu. Kita tidak membutuhkan ‘superman’, tetapi ‘superteam’. Oleh karena itu, kita harus memastikan bahwa semua orang memahami tupoksi masing-masing. Karena satu orang yang tidak memahami tupoksi dapat berdampak pada kinerja organisasi secara keseluruhan,” tambah Gubernur.

Selain itu, Gubernur juga meminta para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk lebih teliti dalam memantau dan mengawasi kinerja jajaran di dalam organisasi mereka masing-masing.

Dengan cara ini, jika ada bagian yang mengalami masalah, solusi dapat ditemukan dengan cepat.

Setelah memimpin apel, Gubernur juga melakukan peninjauan terhadap aktivitas ASN Dinas Pangan Sumbar, didampingi oleh Kepala Dinas Pangan Syaiful Bahri, Kepala Bappeda Sumbar Medi Iswandi, Kepala Biro Adpim Mursalim, dan sejumlah pejabat terkait lainnya di lingkup Pemprov Sumbar.

(adpsb/isq)

Pos terkait