Gelaran AKBP-STIE ‘KBP’ Padang, Melahirkan Bakat Berpidato dan Menjaga Warisan Kuliner Minangkabau

TOPSUMBAR –  Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, berharap tumbuhnya lebih banyak orator ulung di kalangan generasi muda Sumbar.

Baginya, kemampuan berpidato atau berorasi memiliki nilai tambah yang sangat penting dalam upaya-upaya kolaborasi dan sinergi.

Pernyataan ini disampaikan Gubernur saat membuka Lomba Pidato dan Festival Kuliner Minang Asli antar SMA/SMK se-Sumbar, yang diadakan oleh AKBP-STIE “KBP” Padang pada Sabtu 11 November 2023.

Bacaan Lainnya

Gubernur menilai penyelenggaraan acara ini sebagai bagian dari upaya untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) Sumbar yang kompeten dalam menyampaikan ide.

Ia menambahkan bahwa event ini patut diapresiasi karena berpotensi melahirkan orator-orator hebat dari Sumbar, yang mampu menyampaikan ide serta gagasan dengan narasi yang baik di depan khalayak ramai.

Gubernur menegaskan bahwa keahlian dalam menyampaikan ide dan gagasan di hadapan banyak orang sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan dan persaingan di masa depan. Sinergi dan kolaborasi dianggap sebagai kunci untuk mencapai kesuksesan.

“Generasi muda masa kini adalah para pemimpin di masa yang akan datang. Sementara itu, untuk memajukan daerah, sinergi dan kolaborasi sangat diperlukan. Oleh karena itu, kemampuan berpidato sangat penting karena akan menjadi nilai tambah dalam berkolaborasi,” kata Gubernur.

Dalam sambutannya, Gubernur juga memberikan apresiasi terhadap Festival Kuliner Minang Asli. Menurutnya, generasi muda perlu memiliki pemahaman dan kecakapan yang baik terkait kuliner asli Minangkabau.

“Salah satu kekayaan masyarakat Minang adalah kulinernya. Generasi muda harus mengenal kuliner Minangkabau dengan baik, sehingga dapat terus dilestarikan,” ucapnya lagi.

Ketua Yayasan AKBP-STIE “KBP” Padang, Daswir Siddik, dalam kesempatan yang sama, menyatakan bahwa salah satu peran AKBP sebagai lembaga pendidikan adalah melahirkan SDM yang andal dan berpengetahuan.

Oleh karena itu, AKBP terus menggali dan mengadakan kegiatan yang dapat meningkatkan wawasan generasi muda.

“Orang Minang selama ini dikenal sebagai ahli berpidato. Lomba ini diadakan untuk menemukan bakat-bakat berpidato di kalangan generasi muda. Selain itu, generasi muda Sumbar juga harus senantiasa melestarikan budaya Minangkabau, termasuk mencintai produk budaya seperti kuliner khas Minang,” ujar Daswir.

(adpsb/bud/isq)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait