Cinta Nagari, Antologi Seni dan Kebudayaan Tluk Kualo Inderapura 2023

TOPSUMBAR – Pada tanggal 29 November 2023, Nagari Tluk Kualo Inderapura merayakan perhelatan seni dan budaya dengan acara “Bimbang Nagari Tluk Kualo Inderapura Tahun 2023.”

Kegiatan ini, yang berlokasi di Kecamatan Air Pura, dibuka oleh Bupati Pesisir Selatan dan dihadiri oleh berbagai pihak.

Dalam sambutannya, Wali Nagari Tluk Kualo Inderapura, Dedi Joafnaldi, S.Sos, menyampaikan harapannya agar Bimbang Nagari ini menjadi bagian tetap dari agenda pariwisata setiap tahun.

Bacaan Lainnya

Mengusung konsep “Adat Basandi Sarak, Sarak Basansi Kitabullah” atau ABS-SBK dengan tema “Cinta Nagari, Merawat Kebudayaan Menuju Desa Mandiri dan Berperadaban,” acara ini melibatkan masyarakat secara inklusif dan kolaboratif.

“Untuk Bimbang Nagari Tluk Sikolo Tahun 2023 ini, kami memanfaatkan anggaran dari dana desa,” ungkap Dedi Joafnaldi.

Tidak hanya menampilkan pertunjukan seni, acara ini juga menjadi panggung bagi beragam produk kuliner khas daerah, seperti Lokanasia dari Tluk Kualo Inderapura.

Dengan harapan dapat mempopulerkan produk UMKM lokal sebagai bagian dari warisan budaya dan kearifan lokal.

Sebagai bentuk pelestarian budaya, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Pesisir Selatan, Gunawan, S.Sos, M.S.i, mewakili Bupati Pesisir Selatan dalam memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan event seni dan budaya ini.

Ia menegaskan pentingnya upaya konkret seperti ini untuk menjaga kelestarian budaya lokal di tengah perubahan yang terus berlangsung.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, melalui Gunawan, menunjukkan komitmennya terhadap sektor kebudayaan dengan merencanakan pembentukan peraturan daerah yang mendukung kemajuan kebudayaan dan inventarisasi kekayaan budaya.

Bimbang Nagari Tluk Kualo Inderapura Tahun 2023 berlangsung hingga Kamis, 30 November 2023, menampilkan karya budaya peninggalan Kesultanan Inderapura.

(019)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait