Sosialisasi Aplikasi Signal, Kemudahan Pembayaran Pajak Kendaraan Secara Online

TOPSUMBAR – IPTU Andi Muhammad Nurfadli S.tr.K, S.I.K, M.Sc, Kasatlantas Polres Dharmasraya, menjadi narasumber pada acara sosialisasi Pembayaran Pajak Kendaraan Secara Online dengan aplikasi Samsat Digital Nasional (SiGNAL).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bapenda Sumbar melalui SIPD Bapenda Sumbar dan difasilitasi oleh UPTD PPD Pulau Punjung, berlangsung di auditorium kantor bupati Dharmasraya pada Kamis, 5 Oktober 2023.

Acara sosialisasi resmi dibuka oleh Bupati Dharmasraya yang diwakili oleh Asisten 1, dan dihadiri oleh OPD, Camat, Wali Nagari, serta tokoh masyarakat se-Kabupaten Dharmasraya.

Bacaan Lainnya

Dalam paparannya, IPTU Andi Muhammad Nurfadli S.tr.K, S.I.K, M.Sc, Kasatlantas Polres Dharmasraya, menjelaskan, “Aplikasi Samsat Digital Nasional (SIGNAL) merupakan pembaharuan dari Samsat Online Nasional (SAMOLNAS).”

“Samsat Digital Nasional adalah platform yang dirancang untuk memudahkan masyarakat dalam proses pembayaran pajak kendaraan secara online, sekaligus sebagai implementasi dari Transformasi Polri dalam pelayanan yang modern, berkualitas, dan satu atap.” lanjutnya.

Kasatlantas menambahkan bahwa aplikasi ini mendapatkan rating tertinggi dalam pelayanan masyarakat dibandingkan aplikasi serupa lainnya.

Di Sumbar, penggunaan transaksi dengan aplikasi SIGNAL menduduki peringkat ke-10 dari 34 provinsi di Indonesia.

Lebih lanjut, dalam paparannya, Kasatlantas mengungkapkan bahwa pemanfaatan Aplikasi Samsat Digital Nasional (Signal) sangatlah mudah.

Masyarakat dapat mengunduh aplikasi ini melalui Google Play Store pada perangkat Android. Keunggulan lainnya adalah masyarakat dapat membayar pajak dari mana saja dan kapan saja.

Terkait dengan pengesahan pembayaran, proses ini telah disederhanakan secara digital, sehingga masyarakat tidak perlu lagi mendatangi Samsat. Sementara itu, untuk TBPKP (notice pajak), dapat diantar melalui jasa pos.

Inovasi dari pemerintah ini diharapkan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, dan diharapkan masyarakat memanfaatkan Samsat Digital Nasional (SIGNAL) secara optimal, pungkas Kasatlantas.

Kegiatan sosialisasi mendapat sambutan antusias dari masyarakat, hal ini terbukti dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan kepada Kasatlantas sebagai narasumber.

(YAN)

Pos terkait