Sertijab Walinagari di Agam Terus Bergulir, Hari Ini Walinagari Durian Kapeh Darussalam dan Walinagari Dalko

TOPSUMBAR – Serah terima jabatan (Sertijab) walinagari dan pelantikan Ketua TP-PKK Nagari periode 2023 -2029 di kabupaten Agam, Sumatera Barat terus bergulir.

Bila pada hari pertama kemaren, Kamis (31/8), dilaksanakan Sertijab walinagari pada dua Nagari, yakni Nagari Sungai Pua dan Nagari Batu Palano.

Maka pada hari kedua ini, Jumat (1/9/2023), Sertijab walinagari dilaksanakan juga di dua Nagari, yakni Nagari Dalko dan Nagari Durian Kapeh Darusalam.

Sertijab walinagari  diselenggarakan Pemerintah kabupaten Agam melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Agam dari tanggal 31 Agustus 2023 hingga 19 September 2023.

Kepala Dinas PMN Agam Asril, di Lubuk Basung, Jumat (1/9), dikutip dari siaran pers Diskominfo Agam, mengatakan
hari ini dua dari 10 Nagari baru di Agam yakni Nagari Durian Kapeh Darusalam Kecamatan Tanjung Mutiara dan Nagari Dalko Kecamatan Tanjung Raya selengarakan Sertijab walinagari.

“Aziko Parman walinagari terpilih sertijab dengan pejabat lama Harfi SE di Dalko pada pukul 10.00 WIB dan di Nagari Durian Kapeh Darussalam Kecamatan Tanjung Mutiara walinagari  Andri Seritijab dengan pejabat lama Iswandi Hendra S Pt pada pukul 14.00 WIB,” kata dia.

Dijelaskannya, Nagari Dalko merupakan salah satu dari 10 Nagari pemekaran yang telah melakukan Pilwana secara E-Voting pada Senin (3/7) lampau pada 5 TPS.

“Nagari Dalko sebelumnya masuk Nagari Tanjung Sani , Kecamatan Tanjung Raya,” jelasnya.

Bupati Agam Andri Warman yang hadir dalam Sertijab walinagari Dalko, dalam sambutannya meminta kepada Walinagari terpilih Nagari Dalko untuk amanah serta sejalan keinginan dan harapan masyarakat.

“Saya minta agar kepercayaan yang diberikan ini sejalan dengan harapan masyarakat, sehingga harus ditebus dengan kemampuan dan kerja keras untuk menjawab berbagai permasalahan dan kebutuhan masyarakat,” pintanya.

Ia juga mengharapkan kepada Walinagari Dalko untuk segera susun RPJM Nagari dalam tempo 3 bulan kedepan dan tetap mempedomani visi misi pemerintah daerah.

Disamping itu, Ketua TP PKK Kabupaten Agam, Ny Yenni Andri Warman mengatakan kepada Ny Fatria Aziko Parman untuk meningkatkan kualitas gerak PKK.

Ny Yenni juga berharap kelembagaan PKK perlu diperkuat dengan pembentukan dan peningkatan kinerja kelompok dasawisma, serta proaktif dalam menggaet dana nagari melalui musrenbang nagari.

“Harus proaktif, dana tersebut digunakan untuk mendukung kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui PKK,” tambahnya.

Selanjutnya Ny Yenni berpesan kepada walinagari agar senantiasa memberikan perhatian dan dukungan terhadap PKK, baik dukungan kebijakan maupun anggaran.

Sementara itu, Sertijab walinagari Durian Kapeh Darusalam dan pelantikan Ketua TP-PKK disambut antusias oleh masyarakat, rombongan masyarakat hadir menggunakan mobil bak terbuka untuk mengikuti moment bahagia itu.

Bupati Agam Andri Warman yang juga hadir, dalam sambutannya mengatakan
sangat bangga terhadap Nagari Durian Kapeh Darussalam yang telah mempersiapkan diri dengan matang untuk menjadi nagari definitif dan masyarakatnya juga antusias.

“Kesiapan dan antusiasme masyarakat Nagari Durian Kapeh Darussalam luar biasa, terbukti saat ini sudah mempunyai kantor walinagari sendiri dengan bantuan swadaya masyarakat,” tutur Bupati.

Bupati juga mendorong dan berharap pemekaran nagari ini nantinya dapat mewujudkan nagari yang maju.

“Dengan adanya nagari baru, pastinya dari segi anggaran meningkat dan ekonomi juga meningkat otomatis kehidupan masyarakat menjadi maju,” ujarnya.

Uniknya, pada Sertijab walinagari ini Bupati Andri Warman melantik walinagari Durian Kapeh Darussalam Andri yang memiliki nama yang sama dengan Bupati dan pada sertijab tersebut  Ny Bella Andri juga  dikukuhkan menjadi Ketua TP-PKK Nagari Durian Kapeh Darussalam periode 2023-2029.

(AL)

Pos terkait