Ny Yeni Andri Warman Dikukuhkan sebagai Ketua Umum SOIna Kabupaten Agam

TOPSUMBAR – Ny Yeni Andri Warman dikukuhkan sebagai Ketua Umum Special Olympics Indonesia (SOIna) kabupaten Agam pada Jumat (22/9/2023), di Mess Pemkab Agam di Belakang Balok, Bukittinggi.

Dikutip dari siaran pers Diskominfo Agam, Jumat (22/9/2023) malam ini, disebutkan SOIna adalah suatu organisasi keolahragaan dan sosial nirlaba yang menangani pembinaan dan
pelatihan olahraga khusus bagi penyandang disabilitas intelektual (Tunagrahita).

Adapun pengukuhan Ny. Yeni Andri Warman yang merupakan istri Bupati Agam Andri Warman sebagai Ketua Umum SOIna kabupaten Agam beserta segenap pengurus lainnya dilakukan oleh Ketua Umum SOIna provinsi Sumatera Barat, Ny Harneli Mahyeldi.

Selain pengukuhan kepengurusan SOIna kabupaten Agam, Ny Harneli Mahyeldi sekaligus melakukan penandatanganan berita acara serta menyerahkan bendera pataka SOIna kepada Ny.Yeni Andri Warman.

Ny Harneli Mahyeldi setelah melakukan penandatangan pelantikan mengatakan bahwa SOIna memiliki tujuan mulia dan memiliki visi yaitu memberikan kesempatan bagi warga Tunagrahita untuk menjadi orang yang berguna dan produktif serta dapat diterima dan dihargai sebagai bagian dari masyarakat melalui olahraga.

“Tujuan utama dibentuknya SOIna ini adalah untuk mengangkat harkat dan martabat para penyandang disabilitas intelektual
(Tunagrahita), agar memperoleh pengakuan atas haknya sebagai warga,” ujar
Ny Harneli Mahyeldi yang merupakan istri gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansyarullah.

Ia juga menyampaikan bahwa visi tersebut dilaksanakan melalui penegasan dalam MISI SOIna yaitu, menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi olahraga sepanjang tahun bagi warga Tunagrahita.

Kemudian, diberikan kesempatan yang berkesinambungan untuk membentuk fisik
yang sehat, menunjukkan keberanian, merasakan kebahagiaan dan memperlihatkan kemampuan, keahlian dan persahabatan dengan sesama atlet Special Olympics lainnya dan dengan masyarakat.

“Sepanjang tahun warga Tunagrahita harus diberikan kesempatan untuk membentuk fisik
yang sehat, menunjukkan keberanian, merasakan kebahagiaan dan memperlihatkan kemampuan, keahlian dan persahabatan dengan sesama atlet Special Olympics,” kata Harneli.

Sementara itu, Ketua Umum SOIna kabupaten Agam, Ny Yenni Andri Warman mengharapkan pengukuhan pengurus SOIna kabupaten Agam mejadi momentum untuk perbaikan, penyempurnaan dan revitalisasi keolahragaan khususnya bagi anak-anak disabel.

“Dengan pembinaan dan pelatihan, diharapkan anak-anak disabel yang ada di kabupaten Agam ini bisa menorehkan prestasi di ajang daerah maupun nasional di masa yang akan datang,” harapnya.

Selain harapan tersebut, Ny. Yeni yang juga merupakan ketua TP PKK kabupaten Agam mengajak para pengurus yang baru dilantik untuk dapat bersama-sama lebih peduli kepada anak-anak berkebutuhan khusus.

“Kita selaku pengurus harus selalu mensosialisasikan dan mendorong para orang tua yang memiliki anak-anak yang berkebutuhan khusus agar selalu menyalurkan minat dan bakat anak-anak mereka guna bisa menorehkan prestasi seperti anak-anak lainnya,” ajaknya.

(AL)

Pos terkait