Nagari Nan Tujuah dan Nagari Nan Limo di Palupuah Agam Gelar Sertijab Walinagari

TOPSUMBAR – Nagari Nan Tujuah dan Nagari Nan Limo, kecamatan Palupuah, kabupaten Agam gelar serahterima jabatan (Sertijab) Walinagari, pada Kamis (14/9/2023).

Kabid IKP Diskominfo Agam, Antono dihubungi Topsumbar.co.id, Jumat (15/9/2023), menyebutkan Walinagari Nan Tujuah Sertijab dari Drs.Tarmizi Hakim kepada Ramlan S. Sos di halaman SMPN 2 Palupuah disaksikan langsung oleh Sekdakab Agam, Drs H Edi Busti MSi.

Sedangkan, Walinagari Nan Limo Sertijab dari Pj. Walinagari Nan Limo Iwa Usman, S. Pd kepada Tri Sakti di aula SDN 07 Nan Limo, Palupuah juga disaksikan langsung oleh Sekdakab Agam, Edi Busti.

“Selain Sertijab walinagari juga digelar pelantikan Ketua TP-PKK Nagari periode 2023 -2029 pada kedua nagari dimaksud,” ujar Antono.

Sekdakab Agam Edi Busti dalam sambutannya saat Sertijab kedua Walinagari dalam waktu terpisah, mengatakan legalitas, administrasi dan keuangan merupakan panduan yang harus dipedomani oleh walinagari dalam menjalankan tugas serta merangkul semua komponen dan unsur yang ada di nagari, kecamatan, kabupaten dan provinsi.

Edi Busti juga menyebutkan saat ini generasi muda mengalami degradasi moral yang dipengaruhi oleh kemajuan digitalisasi, dan peredaran narkoba sebagai bahaya laten yang mengganggu.

“Sebagai Walinagari, pemimpin yang langsung bersentuhan dengan masyarakat harus mampu memberantas narkoba,” ungkap Edi Busti.

Sementara itu, M Ridwan Datuak Garang selaku wakil tokoh masyarakat nagari Nan Tujuh dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pejabat Walinagari lama yang telah memajukan nagari Nan Tujuah dan kepada pejabat yang telah terpilih agar lebih berbuat lagi untuk kemajuan dan kebaikan nagari Nan Tujuah.

“Selama pemerintahan beliau sudah ada perbaikan di Nagari Nan Tujuah, pembangunan baik jalan kampung, irigasi dan lainnya sudah terlihat perkembangannya,” ungkap dia.

Ia berharap terjalinnya kerjasama yang baik antara Walinagari dengan warga dikampung maupun perantauan agar lebih baik kedepannya dan setara dengan nagari-nagari lainnya, walaupun Nagari Nan Tujuah berada di perbatasan,” lanjut Dt Garang.

Pada acara Sertijab Walinagari Nan Tujuah turut dihadiri oleh Forkopimca, Mantan Kakan Kemenag Agam, H. Hasra Faber serta tokoh- tokoh nagari Nan Tujuah dan terlihat juga Camat Palupuah periode 2008-2011 Aryati S Sos MSi.

Begitupun pada acara Sertijab Walinagari Nan Limo turut dihadiri tokoh tokoh masyarakat, elemen masyarakat dalam nagari termasuk unsur generasi muda.

Sertijab Walinagari Nan Tujuah dan Walinagari Nan Limo merupakan bagian dari sertijab 38 Walinagari di kabupaten Agam hasil pemilihan Walinagari serentak lewat e-voting pada Juli 2023 lalu.

Kegiatan Sertijab Walinagari tersebut diselenggarakan Pemerintah kabupaten Agam melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Agam dari tanggal 31 Agustus 2023 hingga 19 September 2023.

(AL)

Pos terkait