KNPI Padang Panjang Gelar Lomba Orasi Kemerdekaan dan Kebangsaan Tingkat SLTP dan SLTA, Ini Para Pemenangnya

TOPSUMBAR – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Padang Panjang menggelar lomba orasi kemerdekaan dan kebangsaan tingkat SLTP dan SLTA se – Padang Panjang, Batipuh, dan X Koto (Pabasko), Kamis (31/8/2023).

Lomba dalam rangka semarak hari ulang tahun Kemerdekaan RI ke-78 itu, dihelat di Medan Nan Bapaneh, Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM), Silaing Bawah, kota Padang Panjang.

Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran yang membuka kegiatan lomba, dalam sambutannya mengapresiasi KNPI Kota Padang Panjang.

“Apresiasi saya sampaikan kepada KNPI Padang Panjang yang telah menggagas kegiatan yang sarat dengan nilai edukasi dan patriotisme kebangsaan ini. Kegiatan yang sangat berguna bagi generasi penerus bangsa dalam menggugah semangat kebangsaan,” ujar Wako Fadly dikutip dari laman Kominfo Padang Panjang.

Fadly berharap, kegiatan ini tidak hanya menjadi momen lomba dan seremonial semata, tetapi juga menjadi titik awal untuk aksi konkret menuju masa depan yang lebih gemilang.

Ketua KNPI Padang Panjang, Andi Arianto, dihubungi Topsumbar.co.id, Jumat (1/9/2023), mengatakan lomba orasi ini mengangkat tema “Kilas Balik Perjuangan Para Pahlawan Bangsa”, diikuti  72 peserta terdiri dari siswa-siswi SLTP dan SLTA se-Padang Panjang, Batipuh dan X Koto (Pabasko).

“Bertindak selaku juri lomba adalah Annuar Syah SHI MHi dan Yonnarlis, SH. Keduanya merupakan akademisi, aktivis dan organisatoris,” kata dia.

Disebutkannya, kegiatan ini bertujuan membuka ruang edukasi dan kolaborasi siswa-siswi serta memberikan wadah bagi mereka dalam mengasah kemampuan berorasi yang baik dan berkualitas.

“Di balik itu juga bertujuan untuk kembali mengingat dan menggali sejarah perjuangan agar mampu memupuk kecintaan pada tanah air dan rasa nasionalisme di kalangan anak muda,” sebutnya.

Pada lomba kali ini, imbuh Andi, tampak sekali peserta bersemangat menyampaikan orasinya.

“Berorasi ini adalah bakat yang sangat langka bukan hanya public speaking yang di asah tetapi membetuk mental dan kekayaan intelegensi kebangsaan bagi generasi muda,” imbuh dia.

Terakhir disebutkannya, tahun lalu DPD KNPI Kota Padang Panjang juga mengadakan kegiatan serupa, namun tahun ini pesertanya lumayan banyak.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada kepala sekolah yang telah mengizinkan dan mengutus siswa-siswi dalam lomba orasi kali ini. Selain itu, kami juga berharap dan mendorong pemerintah kota Padang Panjang membuka ruang-ruang kreatifitas dan ruang-ruang publik untuk kepemudaan dan kami siap berkolaborasi,” pungkasnya.

Berikut Nama Para Pemenang :

Juara Lomba Orasi Tingkat SLTP

Juara I : Khairatul Fauziah
Sekolah : MTsN Padangpanjang

Juara II : Syifa Maharani
Sekolah : MTsN 12 Tanah Datar

Juara III : Habibi Rahmatullah
Sekolah : SMP N 6 Padangpanjang

Harapan I : Anisa Zulhendra
Sekolah : MTsN 12 Tanah Datar

Harapan II : Keyla Dzakiyah Shaki

Sekolah : SMP Uswatun Hasanah

Harapan III : Syakira Azhara
Sekolah : Ponpes Thawalib Gunung

Juara Lomba Orasi Tingkat SLTA

Juara I : M.Faathur Alghozi
Sekolah : MAS Darul Muwahiddin

Juara II : Hazi Yulianda Tohid
Sekolah : SMA S Uswatun Hasanah

Juara III : Siti Nurjannah
Sekolah MAS.KUL Thawalib

Harapan I : Marta Novela
Sekolah : Mas ti Tanjung Barulak

Harapan II : Husen Al Qodri
Sekolah : MAS Ti Tanjung Barulak

Harapan III : Nuraini
Sekolah MAS Ti Koto Tinggi

(AL)

Pos terkait