Diskominfo Agam Gandeng TVRI Sumatera Barat Gelar Pelatihan Pemberitaan, Peserta Tampak Antusias

TOPSUMBAR – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Agam gelar pelatihan peningkatan kapasitas pemberitaan dan peliputan kegiatan Pemkab Agam pada Selasa, (12/9/2023).

Pada kegiatan tersebut Diskominfo Agam menggandeng Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI Sumatera Barat dengan narasumber reporter TVRI Nola Ernafia SS MM.

Pelatihan dilaksanakan di aula Dinas Kesehatan Kabupaten Agam diikuti oleh seluruh staf pemberitaan Diskominfo Agam dan Dinas Pariwisata di Padang Baru Lubuk Basung.

Mengutip siaran pers Diskominfo Agam, dalam pelatihan ini dibahas tentang tata cara menggarap sebuah kegiatan menjadi layak dan menarik untuk ditonton, seperti pengambilan gambar, durasi penampilan gambar, posisi kamera pengambilan gambar serta pembuatan narasi berita.

Disebutkan pelatihan tersebut diikuti antusias oleh seluruh peserta. Antusias itu terlihat dengan terjadinya dialog interaktif tentang pengelolaan pemberitaan antara peserta dengan narasumber.

Narasumber menyampaikan materi dengan lugas serta diiringi dengan simulasi tatacara pengambilan gambar, durasi penampilan gambar, dan posisi kamera saat pengambilan gambar serta pembuatan narasi berita.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Agam Rahmad Lasmono AP S Sos MAP, mengatakan pelatihan ini diadakan guna memberikan ilmu dan pengalaman baru bagi tim liputan kegiatan pemerintahan dan pembangunan di kabupaten Agam.

“Kita sengaja mendatangkan praktisi pemberitaan dari TVRI dalam memberikan pelatihan kepada staf kita yang terlibat langsung dalam pemberitaan,” kata Rahmad di kantor Diskominfo Agam di Padang Baru, Lubuk Basung.

“Kegiatan pelatihan ini kita laksanakan 1 hari, yaitu Selasa 12 September 2023,”  sambungnya.

Senada, Kabid IKP Antono S Pd MPd yang didampingi oleh Kabid Teknology Informasi dan Komunikasi Jhoni Indra S Kom M Kom menambahkan pelatihan ini telah lama ditunggu- tunggu oleh tim pemberitaan dan baru saat ini bisa terlaksana katanya

“Kita berterima kasih kepada TVRI yang telah bersedia berbagi ilmu tentang tata cara pemberitaan yang menarik dan sesuai dengan kaedah- kaedah jurnalistik kepada Diskominfo Agam dan semoga hasil pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas pemberitaan Diskominfo Agam ke depan,” ujar Antono.

(AL)

Pos terkait