Desa Wisata Lawang Agam Raih Juara 1 ADWI 2023 Kategori Homestay dan Toilet Umum

TOPSUMBAR – Desa Wisata Lawang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat meraih juara 1 (Satu) kategori Homestay dan Toilet Umum di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Hal tersebut diketahui dari pengumuman disampaikan pada malam anugerah ADWI 2023 di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Minggu (27/8/2023), malam, dikutip dari siaran pers Didkominfo Agam, Senin (28/8/2023).

Penghargaan diterima langsung oleh Bupati Agam Andri Warman yang diberikan oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Hariyanto.

Atas raihan tersebut, pengelola Desa Wisata Lawang meraih hadiah uang  tiga puluh lima juta rupiah

Penyerahan hadiah bagi pemenang ADWI 2023 yang juga ditayangkan melalui kanal youtube Kemenparekraf itu, turut disaksikan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.

Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan, 75 desa wisata terbaik terpilih dari 4.573 desa. Hal itu diharapkan menjadi motivasi untuk pariwisata yang lebih baik.

“Hari ini, 75 dari yang terbaik mendapatkan anugerah untuk meningkatkan motivasi dalam membuka peluang usaha menuju pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan,” ujar Sandiaga.

Sementara itu, Bupati Agam Andri Warman dalam anugerah tersebut mengucapkan rasa syukur atas raihan pada ADWI 2023.

“Alhamdulillah, anugerah ini diraih atas kerja keras seluruh pihak, baik Nagari Lawang, OPD terkait, akademisi, penggiat wisata dan masyarakat,” ungkap Bupati.

Ia berharap anugerah ini dapat menjadi pemantik bagi daerahnya untuk terus mengembangkan kepariwisataan sebagai program unggulan.

Bupati Agam Andri Warman sewaktu menerima penghargaan ADWI 2023 ini, turut didampingi Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, Syatria, Walinagari Lawang Frangky, pengelola desa wisata Lawang Zilfaroni serta Tim Pendampingan dan Pengembangan Desa Wisata (TP2DEWI) Moch  Abdi.

Desa wisata lainnya di Sumatera Barat yang memperoleh penghargaan di ajang ADWI 2023, adalah Desa Wisata Muntei Kabupaten Kepulauan Mentawai meraih juara 1 kategori Daya Tarik Pengunjung dan meraih Rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) Seni Rajah Tubuh (Tato) Tertua.

Lalu, Desa Wisata Perkampungan Adat Sijunjung Kabupaten Sijunjung meraih juara 1 kategori Desa Wisata Berkembang dan juga meraih  Rekor MURI Rumah Gadang Berjejer Terpanjang.

Kemudian, Desa Wisata Nyarai Kabupaten Padang Pariaman meraih juara harapan kategori Daya Tarik Pengunjung, dan Desa Wisata Kubu Gadang Kota Padang Panjang Juara Harapan Kategori Desa Wisata Maju.

Adapun penilaian ADWI terbagi sejumlah kategori yang meliputi Daya Tarik Pengunjung, Souvenir, Homestay dan Toilet, Digital dan Kreatif, Kelembagaan Desa Wisata dan CHSE.

Adapula kategori Desa Wisata Maju, Desa Wisata Berkembang, dan Desa Wisata Rintisan, serta Desa Wisata Terbaik.

Masyarakat juga diberi waktu untuk memilih langsung kategori Desa Wisata Favorit dengan menyukai video desa yang diunggah di akun YouTube Kemenparekraf.

Sebelumnya, Menparekraf Sandiaga Uno melakukan kunjungan ke 75 besar Desa Wisata peserta ADWI 2023 yang tersebar di seluruh Indonesia.

(AL)

Pos terkait