Besok, 38 Wali Nagari Hasil Pilwana e-Voting di Kabupaten Agam Dilantik

TOPSUMBAR – Sebanyak 38 orang Wali Nagari hasil Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) e-Voting di kabupaten Agam akan dilantik pada Kamis besok, 24 Agustus 2023.

Pelantikan akan dipimpin langsung oleh Bupati Agam, Andri Warman pada pukul 9.00 pagi di Balairung, Rumah Dinas Bupati di Padang Baru, Lubuk Basung.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (PMN) kabupaten Agam, Asril, Kamis, (23/8/2023) di Padang Baru, Lubuk Basung, dikutip dari siaran pers Diskominfo Agam.

Disebutkannya, Pemkab Agam melalui Dinas PMN telah melakukan Pemilhan Wali Nagari (Pilwana) secara elektronik (e-voting) selama bulan Juli 2023 yang terbagi dalam 6 tahap pelaksanaan.

“Pilwana tersebut dilaksanakan pada 10 Nagari pemekaran dan 28 Nagari yang habis masa jabatannya wali nagari,” sebut dia.

Dikatakannya, pelaksanaan pilwana tersebut berlangsung sukses.

“Kesuksesan Pilwana itu ditandai dengan tidak adanya sanggahan dalam penentuan hasil pemilihan 38 orang Wali Nagari baru, baik untuk Nagari pemekaran maupun Nagari yang masa jabatan Walinagarinya berakhir,” kata Asril.

Ditambahkannya, SK 38 Wali Nagari baru dengan masa jabatan periode 2023-2029 telah ditandatangani Bupati dan tertuang dalam SK Bupati Agam Nomor 375 Tahun 2023 tentang Peresmian, Pemberhentian dan Pengesahan Pengangkatan Walinagari periode 2023-2029 pada lampiran pertama.

“Sementara untuk pemberhentian 28 orang Wali Nagari yang habis masa jabatan juga tertuang dalam SK yang sama namun pada lampiran kedua,” terangnya.

Terpisah, Dinas Komunikasi dan Informatika juga akan memberikan dukungan acara pelantikan Wali Nagari terpilih dengan melakukan siaran langsung melalui kanal Youtube Diskominfo Agam.

“Kami Diskominfo akan ikut support kegiatan pelantikan 38 Wali Nagari baru ini yang akan menjalankan tugas 5 tahun kedepan dengan live streaming agar kegiatan ini dapat disaksikan oleh warga nagari baik yang di nagari maupun yang di perantauan sekaligus dapat diputar ulang kembali” ujar Kepala Diskominfo Agam, Rahmad Lasmono di Kantornya Padang Baru Lubuk Basung (23/8).

(AL)

Pos terkait