Waspada! 4 Jenis Usaha Ini Tidak Bisa Ajukan Pinjaman KUR, Simak Penyebabnya

Jenis Usaha yang Ditolak Pinjaman KUR
Jenis Usaha yang Ditolak Pinjaman KUR (foto: Topsumbar)

2. Usaha online berjenis Pre Order

Penyebab usaha online berjenis Pre Order (PO) tidak masuk dalam daftar penerima pinjaman KUR adalah karena, tak ada produk dan aktivitas usaha secara langsung.

Saat proses pengajuan KUR, pihak bank akan mendatangi rumah calon debitur dan memastikan bahwa segala kelengkapan penjualan ada sebagai bentuk pengembangan usaha.

Bacaan Lainnya

Namun apa yang terjadi jika usaha tersebut berjenis PO? dimana proses pembuatan barang baru dilakukan, apabila ada pesanan saja.

Ada tips untuk mengakali metode ini, yaitu dengan mengganti usaha online berjenis PO dengan usaha online biasa, dapat diartikan bahawa semua barang dagangan ada di rumah.

3. Usaha teknisi panggilan

Usaha teknisi panggilan termasuk salah satu jenis pekerjaan freelacer (pekerja lepas), maka pekerja hanya mendapatkan upah saat ada panggilan dibutuhkan dari rumah ke rumah.

Namun bukan ini alasan penolakan usaha teknisi panggilan sebagai penerima pinjaman KUR, melainkan karena tidak adanya kelengkapan barang dalam melakukan pekerjaannya.

Kamu harus melengkapi alat kerja mereka dan telah terbukti aktif dalam pengerjaan, jika alat tersebut tidak ada atau tidak lengkap, maka pencairan KUR akan sulit dilakukan.

Baca juga: Mau Bangun Gedung Tempat Usaha? BCA Siap Kasih Pinjaman Plafon Unlimited, Tenornya 20 Tahun 

4. Usaha kontraktor

Alasan jenis usaha kontraktor tidak berhak mendapatkan pinjaman KUR, karena proyek tersebut dinilai sudah besar dan berkembang.

Maka jika ingin mengajukan pinjaman, kamu harus ajukan jenis pinjaman bukan KUR. Tentu saja pembayaran bunga atau pun cicilan per bulannya, akan jauh lebih besar.

Seperti yang diketahui, bahwa KUR diperuntukkan sebagai bentuk bantuan pemerintah kepada UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dengan metode pembayaran bunga yang kecil.

Maka tips bagi pengusaha teknisi panggilan yang ingin mendapatkan pinjaman KUR yaitu dengan mengganti jenis usaha, atau mengajukan pinjaman bank berjenis bukan KUR.

Itulah 4 jenis usaha yang menurut penjabaran Youtuber Evan Al Zaed dinilai tidak bisa menerima pinjaman berjenis KUR dari pihak bank, semoga bermanfaat. (fat)

Jika kamu ingin mendapatkan informasi terkait Pinjaman Bank dan Pinjaman Online setiap harinya, silakan bergabung di Grup Telegram Pinjol Penghasil Uang.

Pos terkait