Waspada! 4 Jenis Usaha Ini Tidak Bisa Ajukan Pinjaman KUR, Simak Penyebabnya

Jenis Usaha yang Ditolak Pinjaman KUR
Jenis Usaha yang Ditolak Pinjaman KUR (foto: Topsumbar)

Topsumbar – Apakah kamu adalah pemilik usaha yang sedang membutuhkan modal? saat ini, apa saja jenis usaha yang sedang kamu kerjakan?

Tahukah kamu, bahwa ada beberapa jenis usaha yang jika kamu mengajukan pinjaman KUR (Kredit Usaha Rakyat) sudah pasti ditolak pihak bank.

Apa saja ya jenis usahanya? apakah kamu perlu ganti usaha, jika kamu sedang bekerja dalam 4 usaha ini? simak penjabaran lengkapnya pada artikel ini.

Bacaan Lainnya

Dimana 4 usaha yang tidak bisa diajukan pinjaman KUR tersebut adalah usaha penampung barang bekas, usaha online berjenis Pre Order dan teknisi panggilan hingga Kontraktor.

Memang 4 jenis usaha tersebut tidak bisa memperoleh pinjaman KUR, tapi ada beberapa tips hingga penyebab yang harus kamu ketahui ya. Baca tulisan ini sampai selesai pada laman kedua.

Baca juga: Mau Pensiun? BNI Siap Kasih Pinjaman hingga Rp500 Juta buat Modal Usaha Hari Tua, Ini Simulasinya

4 Jenis Usaha yang Tidak Bisa Ajukan KUR

Seperti yang diketahui bahwa KUR adalah salah satu program pemerintah yang bekerja sama dengan beberapa bank, dimana ada aturan terkait keuntungan yang diberikan.

Keuntungannya yaitu pembayaran bunga tahunan yang relatif rendah, sehingga nominal cicilan yang kamu bayarkan setiap bulannya tentu akan lebih kecil dari pinjaman jenis bukan KUR.

Sementara terkait aturannya, tentu cukup rumit karena tidak semua nasabah boleh mengajukan KUR. Salah satu aturannya yaitu, terdapat 4 jenis usaha yang tidak memenuhi syarat.

1. Usaha penampung barang bekas sejak 2021

Alasan usaha penampung barang bekas tidak boleh mendapat pinjaman KUR karena harga barang tersebut tidak tetap dan sering turun, penetapan aturan ini dilakukan sejak 2021.

Karena pada tahun sebelum 2021, usaha penampung barang bekas pernah masuk dalam daftar penerima pinjaman KUR. Namun, jenis usaha ini pernah macet pelunasan.

Menurut Youtuber Evan Al Zaed, ia berharap di masa depan, usaha penampung barang bekas dapat dibiayai KUR lagi. Meski saat ini, mungkin kamu yang sedang menjalaninya, disarankan untuk banting stir ke usaha lain.

Pos terkait