Tim KNGI Terpukau Dengan Geopark Corner SMPN 7 Sijunjung 

Topsumbar – Tim Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI) melakukan kunjungan ke Geopark Corner SMPN 7 Sijunjung, Kamis (13/7/2023).

Tim KNGI terdiri dari Dewan Pakar Dr. Ir. Rudi Suhendar, M.Sc bersama Dr. Ir. Tukul Rameyo Adi, MT didampingi tim dari Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kunjungan tim itu didampingi oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si Sutan Gumilang serta Kepala Badan Pengelola (BP) Geopark Silokek Dr. Zefnihan, AP, M.Si, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Puji Basuki, SP, MMA, kepala sekolah Carly Marlinton, S.Pd dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Tim melakukan kunjungan dalam rangka aspiring terhadap Geopark Ranah Minang Silokek yang sedang giat-giatnya menuju UNESCO Global Geopark (UGGp).

Keindahan Geopark Silokek meliputi geologi, geosite, geoheritage, geodiversiti, biodiversiti, kultur diversiti, biologi, lingkungan hidup, sosial budaya serta pariwisata.

Tim menyaksikan Geopark Corner yang berada di SMPN 7 Sijunjung, diawali dengan penyambutan dan pengalungan bunga sembari menyaksikan atraksi “Tari Tanduk” khas Nagari Lubuk Tarok, yang telah diakui sebagai Warisan Budaya Nasional.

Kemudian, tim dibuat terkagum-kagum oleh penampilan Talempong Kayu yang ditampilkan Alhadiska Mahalfa Julian (kelas IX).

Iqlil Jannah, juga siswa Kelas IX, memaparkan. “Talempong kayu adalah permainan anak nagari pada sore hari di pinggir Batang Kuantan”.

“Talempong Unggan Logu Pararakan Kuntu memiliki karakter permainan cepat, sebagaimana karakter Buya Hamka ikut berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan,” lanjut Iqlil menjelaskan perihal Talempong Unggan di Geopark Corner.

Sore itu, Talempong Unggan dari Kecamatan Sumpur Kudus turut mengisi semaraknya kunjungan Tim UGGI dalam rangkaiannya di Kabupaten Sijunjung.

Geopark Corner adalah pembelajaran bagi siswa tentang pentingnya mencintai alam dan mengenal budaya masyarakat di Kabupaten Sijunjung yang telah ditetapkan sebagai kawasan Geopark Nasional.

(AG)

Pos terkait