Review Jujur Pengalaman Pengajuan KUR BRI vs Mandiri, Mana yang Lebih Baik?

Ilustrasi KUR Mandiri dan BRI
Ilustrasi KUR Mandiri dan BRI (foto: Canva/Topsumbar)

Pengajuan KUR Mandiri

Youtuber Sukma Raya juga membagikan pengalamannya saat pengajuan pinjaman pada Bank Mandiri, dimana keuntungan lainnya yaitu berkas belum lengkap, tetap bisa pengajuan.

Kelengkapan berkas tersebut bisa kamu penuhi ketika survey telah berhasil dilakukan Mantri, bahkan nasabah bisa mengajukan pinjaman via Whats App saja.

Jika di Bank BRI hanya Mantri saja yang survey, di Mandiri ada Marketing dan Mantri serta atasan mereka yang ikut melakukan survey.

Bacaan Lainnya

Secara keseluruhan, pihak bank melakakukan momen dokumentasi hingga menanyakan beberapa hal kepada calon nasabah. Syarat KUR yaitu limit di bawah Rp100 Juta tidak harus pakai jaminan.

Namun, pada pengajuan bank Mandiri harus tetap foto menggunakan jaminan meski pengajuan tidak sampai Rp100 Juta. Berbeda dengan pengajuan pada bank BRI, yang tidak mengharuskan hal tersebut.

Baca juga: Tabel Angsuran KUR Mandiri Rp10-500 Juta, Cicilan Perbulan Ada yang Ratusan Ribu Aja

Selanjutnya pada proses survey, Mandiri juga kurang lebih memiliki metode serupa dengan BRI. Begitu pula dengan tahapan pencairannya, hanya butuh waktu 2-3 hari saja.

Namun di Mandiri, mengharuskan debitur membayar biaya administrasi berupa uang cash di awal pencairan dilakukan. Berbeda dengan BRI yang hanya butuh biaya materai saja, ini yang banyak dikeluhkan nasabah.

“Kok biaya administrasi tidak bisa dipotong dari pencairan saja,” ujar Youtuber Sukma Raya dalam videonya. Tapi namanya prosedur dan ketentuan, tetap lah harus dipenuhi tentunya.

Jika di BRI saat pemberitahuan pencairan sudah dilakukan, maka kamu bisa langsung mengambil uang. Baik dalam bentuk cash atau pun transfer, berbeda dengan Mandiri.

Karena Mandiri tidak mengharuskan kelengkapan berkas di awal, maka banyak proses transaksi yang harus dipenuhi ketika akan pencairan seperti konfirmasi dari pusat.

Bahkan, meskipun telah berhasil pengajuan, uang pencairan tidak bisa langsung diambil dan harus menunggu proses konfirmasi dari pusat atau pihak Mandiri menelfon langsung terlebih dahulu.

Pos terkait