Review Jujur Pengalaman Pengajuan KUR BRI vs Mandiri, Mana yang Lebih Baik?

Ilustrasi KUR Mandiri dan BRI
Ilustrasi KUR Mandiri dan BRI (foto: Canva/Topsumbar)

Pengajuan KUR BRI

Saat akan pengajuan KUR BRI, datangi saja unit kerja terdekat dan bawa semua persyaratan lengkap sesuai yang diinstruksikan oleh petugas bank.

Setelah persyaratan lengkap, debitur akan diarahkan untuk bertemu customer service (cs) untuk ditanyakan beberapa hal seperti siapa pemilik usaha dan sudah berjalan berapa lama.

Tanya jawab singkat tersebut berlangsung sekitar 2-3 menit saja, berikutnya debitur diizinkan pulang dan menunggu kedatangan pihak bank untuk melakukan survey.

Bacaan Lainnya

Youtuber Sukma Raya, menyebut bahwa ia mendapat giliran survey yang cukup lama dan menunggu sekitar sebulanan lebih karena saat itu masih dalam keadaan Covid-19.

Saat itu, ia mengajukan pinjaman atas nama kedua orangtuanya. Selanjutnya, datang lah petugas bank BRI seperti Mantri dan menanyakan beberapa hal kepada calon debitur.

Baca juga: Simulasi dan Tabel Angsuran KUR BRI 2023, Pinjam Rp100 Juta, Cicilan Sejutaan Saja Perbulan

Seperti jenis usahanya apa, sudah berapa lama ada dan lainnya. Mantri juga meminta Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT), dimana Youtuber Sukma Raya memberikannya dalam bentuk dokumen milik neneknya yang sudah meninggal.

Menurutnya, SPPT tersebut sudah cukup lama. Tapi pihak BRI masih menerima persyaratan tersebut, meski dalam keadaan tidak cukup baik karena memang sudah lama dibuat.

Setelah survey, pihak BRI hanya selfie di depan rumah Youtuber Sukma Raya dan 2 hari kemudian, ia dikabari bahwa pencairan kredit kedua orangtuanya sudah dapat dilakukan menggunakan KTP bersama biaya materai.

Bahkan, orangtua Youtuber Sukma Raya bisa ambil uang pinjaman pada hari yang sama setelah penandatanganan kredit. Ada beberapa keuntungan saat pengajuan KUR BRI:

  • Pengajuannya mudah dan cepat
  • Proses pencairan hanya 2 hari saja
  • Tidak banyak biaya kecuali materai
  • Potongannya disimpan untuk angsuran terakhir
  • Persyaratan gampang

Dapat disimpulkan bahwa tahapan pengajuan KUR BRI yaitu harus melengkapi berkas di awal pengajuan dulu, baru transaksi bisa diproses secepat mungkin.

Pos terkait