Promosikan Produk UMKM di Tingkat Nasional, Pemkab Agam Ikuti Apkasi Otonomi Expo 2023

Topsumbar – Pemerintah Kabupaten Agam turut serta dalam pameran yang digelar Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo 2023.

Pameran ini berlangsung 20-22 Juli 2023 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, propinsi Banten.

Pameran yang mengusung tema “Meningkatkan Jejaring Pasar Global untuk Daerah yang Lebih Kuat” ini, digelar untuk mempromosikan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di tingkat nasional.

Kabag Perekonomian Setda Kabupaten Agam Widyastuti menuturkan pihaknya ikut serta dalam Pameran Apkasi Otonomi Expo 2023 untuk mendorong ekonomi daerah. Salah satunya, melalui promosi komoditi unggulan dan beragam produk UMKM Kabupaten Agam.

“Pada Apkasi Otonomi Expo 2023 kali ini, Pemkab Agam menggandeng 10 UMKM produsen sulaman, bordiran, Kopi Lasi, VCO, olahan daging sapi, ikan, ayam, belut, serta cemilan dari pisang, ubi, dan beras,” ujar Widi dalam keterangan tertulis, Jumat (21/7/2023), dilansir dari Agam Media Center.

Diterangkan Widi, OPD lintas sektor turut berkontribusi menyukseskan Pameran Apkasi Otonomi Expo 2023 ini. Diantaranya Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Dinas Perindag Naker, Dinas Koperasi UKM, Dinas Parpora, dan Dinas PMPTSP.

Bupati Agam, Andri Warman saat meninjau stand Pemkab.Agam menyebutkan, pihaknya berupaya meningkatkan penawaran investasi kepada para buyer maupun investor serta membangun jejaring dengan stakeholder dalam pembangunan daerah.

“Kabupaten Agam memiliki banyak potensi unggulan. Apkasi Otonomi Expo 2023 ini kesempatan kita untuk mempromosikan produk UMKM Kabupaten Agam,” kata Andri Warman.

Apkasi Otonomi Expo merupakan even tahunan yang dilaksanakan Apkasi dalam rangka memfasilitasi daerah dalam mempromosikan sektor perdagangan, pariwisata dan investasi guna meningkatkan perekonomian daerah.

Selain pameran, Apkasi Otonomi Expo 2023 juga akan digelar Forum Bisnis yang akan mempertemukan secara langsung antara daerah dengan para buyer yang membutuhkan produk-produk unggulan daerah dan para investor yang ingin berinvestasi di daerah.

(AL)

Pos terkait