Penyebab Pinjaman Bank Ditolak Karena Ada 3 Penilaian Karakter Terhadap Calon Debitur, Ini Penjelasannya

Ilustrasi 3 poin penilaian Karakter debitur
Ilustrasi 3 poin penilaian Karakter debitur (foto: Topsumbar)

3 Poin Penilaian Karakter Pihak Bank

1. Saat wawancara sebelum pencairan

Bank menilai karakter nasabah, bagaimana cara bicaranya. Tips nya jangan tergesa-gesa agar pinjaman cepat cair. Perhatikan apa yang katakan orang bank.

2. Ketika Survey Lokasi

Bacaan Lainnya

Saat survey bukan hanya sekedar pengadaan usahanya, tetapi pihak bank juga menilai kelengkapan usaha. Apakah usaha milikmu hanya sekedar pajangan, atau kamu benar memang berniat melebarkan usaha.

Pihak bank, juga akan bertanya kepada lingkungan sekitar terkait kepribadianmu. Mereka juga akan meminta nota belanjaan, terkait apa saja keperluan kedaimu.

Dapat diartikan bahwa kamu harus mencatat pelaporan keuangan secara mendetail dan terperinci, sehingga dapat tersusun rapi berapa keuntungan serta kerugianmu dari waktu ke waktu.

Penilaian saat survey lokasi juga meliputi pengambilan barang yang dilakukan secara kontan, tunai atau pun berhutang. Pihak bank akan memastikan bahwa benar kamu mampu dalam pembayaran kredit nantinya.

Bahkan, dari jumlah anggota keluarga dan berapa orang yang dibiayai juga jadi penilaian lainnya.

Baca juga: Cuma 2 Bulan! BERSIHKAN DATA BUSUK di BI Checking karena Kredit Bank/Pinjol Pernah Macet

3. Pengecekan BI Checking

Setelah melakukan wawancara pada tahap awal dan mengunjungi tempat keberadaan warungmu atau survey, selanjutnya pihak bank akan menilai karakter debitur dari pendataan BI Checking.

Pada pengecekan BI Checking, akan terlihat riwayat kredit pinjamanmu secara menyeluruh. Bahkan terdata juga, informasi terkait kelancaran kreditmu. Apakah menunggak?

Tentunya hal ini jadi perhatian bagi pihak bank, seberapa layak kah kamu menerima pinjaman tersebut? kemampuanmu membayar cicilan akan jadi pertimbangan dalam eksekusinya.

Misalnya, kamu memiliki riwayat kredit macet pada beberapa pinjaman. Namun saat ingin pengajuan pada kredit lain, kamu mendadak melunasi kredit macet sebelumnya secara tiba-tiba.

Maka, karakter ini dinilai buruk oleh bank yang ingin kamu cairkan pinjamannya. Karena diduga, hal tersebut memiliki maksud tersembunyi.

Kamu dinilai masuk dalam kategori, orang yang mampu tapi tidak mau membayar seperti yang disampaikan Youtuber Evan Al Zaed dalam video penjelasannya.

Penganalisaan 3 karakter di atas merupakan tugas analis kredit yang merincikan segala pengeluaran serta pemasukan calon debitur, segala prosesnya dilakukan dengan teliti.

Itulah 3 poin penilaian karakter pihak bank terhadap calon nasabah yang disebut menjadi penyebab pinjaman ditolak berdasarkan rangkima dari Youtuber Evan Al Zaed, semoga bermanfaat. (fat)

Jika kamu ingin mendapatkan informasi terkait Pinjaman Bank dan Pinjaman Online setiap harinya, silakan bergabung di Grup Telegram Pinjol Penghasil Uang.

Pos terkait