Wako Zul Elfian: Aktualisasi Pancasila dalam Membangun Peradaban dan Solidaritas Bangsa

Topsumbar – Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar menjadi inspektur upacara dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar di halaman Balai Kota Solok, Kamis (1/6), diikuti peserta upacara dari unsur ASN, TNI, Polri, Pelajar serta petugas dan panitia upacara.

Di lokasi upacara, turut hadir Forkopimda Kota Solok di antaranya Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra dan Ketua DPRD Kota Solok, Hj. Nurnisma.

Selain itu, hadir juga Sekretaris Daerah Kota Solok, Syaiful A, Ketua TP PKK Kota Solok, Ny. Zulmiyetti Zul Elfian, Ketua GOW Kota Solok, Ny. Dona Ramadhani, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Solok, Ny.Rida Syaiful, Ketua LKAAM, KAN, Bundo Kanduang Kota Solok, Kepala OPD lingkup Pemko Solok, dan peserta Latsitardanus XLIII 2023.

Bacaan Lainnya

Seperti diketahui, setiap tahunnya tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari lahir pancasila, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dilaksanakan serentak di seluruh daerah di tanah air.

Dalam amanatnya, Wako Zul Elfian menyampaikan Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia. Pancasila digali dan lahir dari bumi Indonesia menjadi konsensus Nasional. Para pendiri negara (Founding Fathers) telah berhasil mengidentifikasi kepribadian Bangsa Indonesia yang kemudian dirumuskan dalam satu pandangan hidup yaitu Pancasila.

Perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Nilai-nilai pancasila diharapkan dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

“Kita harus menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana yang kondusif sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Pancasila harus diaktualisasikan dalam cara berpikir, bertindak dan berelasi setiap individu manusia Indonesia sehingga akan terwujud nilai kemanusiaan dan solidaritas bangsa kita,” sebut Wako.

“Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan dan menjaga pancasila dan nilai yang terkandung di dalamnya. Terus berkarya dan beraktivitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan Indonesia yang membangun peradaban ke depan,” lanjutnya.

“Semoga melalui peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan dan menumbuhkan pembaharuan di tahun ini dan tahun yang akan datang,” tutup Wako. (gra)

Pos terkait