Satu Dasawarsa Pos Yandu Lansia Nusa Indah Air Dingin Sawahlunto

Topsumbar — Seiring berjalannya waktu, tak terasa sudah satu dasawarsa lebih berjalan nya kegiatan Pos Yandu Lansia Nusa Indah Tangsi Gunung Kelurahan Air dingin Kec. Lembah Segar Sawahlunto.

Kasinem yang sudah diatas 70 an tahun selaku Ketua Pos Yandu Lansia Nusa Indah menerangkan bahwa Pos Yandu ini berdiri sejak tahun 2010 lalu, sudah 13 tahun keberadaan nya di Kel. Air Dingin.

“Satu dasawarsa lebih. Kegiatan pos yandu lansia digelar sekali setiap bulan pada hari Selasa pekan ketiga,” ungkap Kasinem yang akrab disapa yuk Nel, Selasa (20/06/2023) di Gedung Serba Guna Tangsi Gunung Air Dingin.

Bacaan Lainnya

Lebih rinci yuk Nel menjelaskan bahwa jenis kegiatan seperti penimbangan berat badan, cek kesehatan, gula darah, kolestrol dan mengukur tensi secara rutin oleh pihak pimpinan Puskesmas (Pustu) Air dingin Dian Frima Elysa.

Sekali sebulan diberikan pencerahan tentang kesehatan, pola makan dan hal lainnya oleh Nara Sumber dari OPD terkait secara bergiliran.

Para lansia yang tercatat sekitar 30 orang didominasi oleh 26 kaum ibu dan 4 orang kaum bapak, diberikan konsumsi berupa Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

Menurut Kasinem dananya bersumber dari APBD Pemko Sawahlunto melalui DKK dan KB via Kelurahan Air  Dingin.

Sementara Gusnely selaku bendahara Pos Yandu Lansia menerangkan bahwa dengan anggaran Rp175 ribu perbulan per kegiatan diprioritaskan untuk 25 porsi namun bisa disiasati menjadi 30 porsi sesuai jumlah anggota lansia, dengan menu yang variatif dan bergizi.

Selain itu juga dilengkapi dengan arisan kecil-kecilan, menabung sesuai kemampuan, dana sosial dan semuanya tercatat serta transparansi. Semua dana simpanan dan sosial diserahterimakan setiap tahun menjelang lebaran Idul Fitri, ungkap Gusnely.

Demi penyegaran dan mempererat silaturahmi, menurut Dewi Muhardini, para lansia selalu melakukan Darmawisata ke objek-objek wisata yang ada di Sumbar secara bargantian, demikian kata Sekretaris Pos Yandu Lansia Nusa Indah, Dewi Muhardini.

(ROL)

Pos terkait