Mengenal Istilah Joki Pinjol dan Cara Kerjanya, Apakah Bahaya Bagi Masyarakat?

Ilustrasi Joki Pinjol
Ilustrasi Joki Pinjol (foto: Topsumbar)

Cara Kerja Joki Pinjol

Tahapan pertama, joki pinjol akan menawarkan iming-iming bahwa klien mereka yang gagal bayar (galbay) pada saat berhutang, tak perlu melakukan pelunasan.

Syarat dan ketentuannya yaitu dengan memberikan data pribadi kepada mereka, sehingga mengakibatkan ada kemungkinan kebocoran informasi yang sangat personal.

Selanjutnya, mereka akan menggunakan data pribadimu untuk menggaet klien lainnya. Datamu akan dipergunakan untuk mendaftar pinjol orang lain, sangat merugikan bukan?

Bacaan Lainnya

Saat kamu jadi klien mereka, data oranglain yang digunakan untuk mendaftarkan pinjolmu. Sementara ketika orang lain jadi klien mereka, data mu yang akan didaftarkan.

Dapat disimpulkan bahwa, Joki Pinjol menggaet para debitur yang galbay dengan penawaran tak perlu lakukan pelunasan dengan syarat penyerahan data pribadimu yang disalahgunakan.

Baca juga: Tanpa Rekening Bank, Ini 6 Pinjol yang bisa Cair ke DANA, ShopeePay, GoPay hingga LinkAja

Bahaya Joki Pinjol

Melansir Kumparan, tarif yang diminta joki pinjol yaitu sekitar 10% dari total dana pinjaman. Maka, 1 orang joki pinjol akan berpenghasilan ratusan ribu rupiah untuk 1 klien.

Tentu saja, joki pinjol berbahaya karena akan muncul modus penipuan yang melibatkan beberapa orang melalui sms atau bahkan whats app karena ada penyalahgunaan data pribadi.

Seperti yang diketahui, orang yang memiliki riwayat pinjaman buruk atau sering mengalami kejadian kredit tidak lancar, akan susah untuk mengajukan pinjaman lagi, sementara mereka butuh.

Dari sini lah, joki pinjol hadir menawarkan bantuan dengan iming-iming pinjaman cepat cair. Bahkan, beberapa di antaranya adalah pinjaman yang sudah resmi OJK.

Tidak hanya kebocoran data pribadi yang disalahgunakan seperti penjabaran sebelumnya, tarif menggunakan jasa joki pinjol akan cukup mahal dan bunga tinggi.

Itulah informasi terkait pengenalan istilah joki pinjol dan cara kerjanya hingga bahaya menggunakan metode tersebut bagi masyarakat, yang terangkum selengkapnya pada artikel ini. Semoga bermanfaat. (fat)

Jika kamu ingin mendapatkan informasi terkait Pinjaman Bank dan Pinjaman Online setiap harinya, silakan bergabung di Grup Telegram Pinjol Penghasil Uang.

Pos terkait