Jangan Takut Lagi Anak Bermain HP, Orang Tua Bisa Gunakan Akun Belajar.id dan Delapan Platform Bermanfaat

Topsumbar — Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Sumatera Barat menggelar acara peningkatan aktivasi akun belajar.id di kabupaten/kota sesuai target, serta dalam rangka implementasi kegiatan pemerintah dalam bidang pendidikan, Jumat s.d Sabtu (16-17 Juni 2023).

Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat melalui Kepala Bidang Dikdas Riwahono mengatakan, para orang tua sekarang sudah bisa memberikan HP kepada anak-anak dengan akun belajar.id.

Dijelaskan Riwahono, saat ini seluruh orang tua sudah bisa mendaftarkan akun belajar.id di HP anak-anak nya melalui semua sekolah SD, SMP di seluruh Kabupaten Dharmasaraya.

Bacaan Lainnya

“Jadi akun belajar.id merupakan salah satu solusi bagi orang tua untuk tidak khawatir lagi anak menggunakan HP. Biarkan anak nya berjam-jam menonton HP, karena yang ditonton merupakan pembelajaran yang dikemas dengan menarik,” katanya.

Kekhawatiran orang tua selama ini anak-anak bebas menonton HP dan banyak menemukan hal yang tidak bermanfaat dimasa tumbuh kembangnya, ini sangat disayangkan, sambung Riwahono.

Diketahui Akun belajar.id diberikan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari berbagai satuan pendidikan, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan.

Dengan Akun belajar.id, kamu bisa mengakses berbagai kebutuhan kegiatan belajar mengajar. Mulai dari mengakses platform Kemdikbudristek sampai beragam aplikasi yang akan memudahkan kegiatan belajar mengajar, baik secara tatap muka atau pun jarak jauh.

Dengan membuka laman https://belajar.id/ untuk memeriksa ketersediaan akun. Pilih salah satu tipe pengguna yaitu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Peserta Didik, atau Dinas. Kemudian, masukkan data diri sesuai yang diminta.

Delapan Platform yang bisa diakses akun Belajar.id

1. Google Workspace for Education
Pemilik akun belajar.id dapat menggunakan beragam fitur yang tersedia pada Google Workspace for Education. Fitur yang tersedia pada Google Workspace for Education antara lain:
Google Meet
Google Classroom
Google Docs
Google Spreadsheet
Google Slides
Google Form

2. Chromebook
Kemendikbudristek juga memberikan bantuan berupa Chromebook. Chromebook adalah jenis komputer baru yang dirancang khusus menggunakan Chrome Operating System yang dikembangkan oleh Google. Penggunaan Chromebook yang dikombinasikan dengan akun belajar.id akan menjadi lebih maksimal.

3. Rapor Pendidikan
Platform Rapor Pendidikan yang dirilis oleh Kemendikbudristek juga merupakan platform yang dapat diakses menggunakan akun belajar.id Rapor Pendidikan dapat dimanfaatkan untuk melihat, merefleksi, dan merencanakan peningkatan kualitas pendidikan berbasis data. Rapor pendidikan dapat diakses oleh Dinas Pendidikan dan satuan pendidikan.

4. Platform Merdeka Mengajar
Selain Rapor Pendidikan, Kemendikbudristek juga merilis Platform Merdeka Mengajar. Platform Merdeka Mengajar adalah platform untuk guru mengajar sesuai kemampuan murid, menyediakan pelatihan, serta berkarya untuk menginspirasi rekan guru. Terdapat beberapa menu utama yaitu Asesmen Murid, Perangkat Ajar, Pelatihan Mandiri, Bukti Karya, Komunitas, dan Video Inspirasi.

5. Sistem Informasi Pengembangan Keprofesian Aplikasi Berkelanjutan (SIMPKB)
Sistem Informasi Pengembangan Keprofesian Aplikasi Berkelanjutan (SIMPKB) adalah salah satu layanan Kemendikbud guna melakukan manajemen pengembangan keprofesian dan berkelanjutan pada Guru dan Tenaga Kependidikan dalam naungan Kemendikbud. Guru bisa mengakses SIMPKB menggunakan email atau IMPKB-ID (No. UKG) untuk pribadi atau masuk dengan akun Belajar.id untuk multi akses Layanan Aplikasi GTK Kemendikbudristek.

6. TanyaBOS
TanyaBOS adalah forum tanya jawab sekaligus wadah berbagi pengalaman dan praktik dalam pengelolaan dana BOS, yang jawabannya sudah terverifikasi dan tervalidasi oleh Kemendikbudristek.

7. Rumah Belajar
Rumah Belajar adalah portal pembelajaran Kemdikbudristek yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Terdapat empat fitur utama dalam platform Rumah Belajar yaitu Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Maya, dan Bank Soal.

8. Canva for Education
Terakhir, siswa maupun guru bisa mengakses Canva for Education. Canva adalah platform desain online yang menyediakan banyak template desain yang dapat kostumisasi sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Dengan akun belajar. id, guru maupun siswa bisa memaksimalkan pembelajaran dengan mengakses platform di atas.

(Yan)

Pos terkait