Masyarakat Muaro Kalaban Tangkap Ikan Gratis di Lubuk Ikan Larangan Batang Lasi

Sawahlunto | Topsumbar – Ratusan warga Desa Muarokalaban berduyun-duyun memasuki sungai Batang Lasi yang mengalir di sekitar Dusun Sawah Tambang, tepatnya di Air Dingin Desa Muaro Kalaban Kecamatan Silungkang, Jumat (21/04/2023).

Kegiatan ini adalah misi menangkap ikan secara gratis di lokasi ikan larangan. Menurut Khairuddin selaku pengurus ikan larangan menerangkan bahwa sejak pukul 09.00 WIB ikan-ikan yang ada di kali Batang Lasi sengaja dimabukan dengan bahan kimia jenis putas. Setelah ikan mulai puyeng dan terlihat mudah untuk ditangkap, barulah warga masyarakat tidak pandang usia dibebaskan menangkap ikan sesukanya.

Ada yang menangkap ikan dengan tangguk, jala, dan ada yang cuma pakai tangan kosong saja. Khairuddin yang akrap disapa Erut ikan-ikan yang ditangkap ini merupakan jenis nila, gurami dan ikan bawaan kali berupa mansai, paweh, tilan dan ikan lainnya.

Bacaan Lainnya

“Bibit ikan yang dipanen ini dimasukan pada bulan Mei 2022 lalu. Moment ini digelar setiap tahunnya. Sebelum tangkap bebas sudah dilakukan lomba mancing mania selama dua hari dengan bayar insert yang gunanya untuk membeli bibit ikan baru lagi,” ungkap Erut didampingi oleh pengurus lain, Jon Jambang, Uda Tok, Petek Ap, Karitiang dan yang lainnya.

(Rollys Koto)

Pos terkait