Hari Pertama Pariaman Barayo 2023, Kota Pariaman Raup PAD Puluhan Juta rupiah

Topsumbar – Hari Pertama Pariaman Barayo 2023, Kota Pariaman Raup PAD (Pendapatan Asli Daerah) puluhan juta rupiah dari sektor Pariwisata. Hal ini disampaikan Walikota Pariaman, Genius Umar ketika menerima laporan dari Panitia Pariaman Barayo dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Pariaman, Sabtu malam (22/4/2023).

“Berdasarkan data yang masuk pada hari pertama Pariaman Barayo pukul 21.45 WIB di Kota Pariaman, kita meraup puluhan juta PAD yang berasal dari retribusi tiket masuk, dimana retribusi tiket masuk Destinasi Kota Pariaman sebesar Rp. 5.000 rupiah/orang, untuk Pantai Gandoriah, Pantai Kata, dan Talao Pauh,” ujar Genius.

Orang nomor satu di Kota Pariaman ini mengatakan tingkat kunjungan wisatawan dihari pertama penyelenggaraan Pariaman Barayo 2023 ini mencapai 2.203 orang, yang datang berwisata baik perorangan, keluarga maupun berkelompok, ucapnya.

Bacaan Lainnya

“Laporan Retribusi untuk hari ini, di Pantai Gandoriah berjumlah sebanyak 1.035 orang dengan jumlah Retribusi Rp. 5.175.000, Pantai Kata sebanyak 745 orang, dengan Retribusi Rp. 3.725.000, dan Talao Pauh berjumlah 423 orang, dengan Retribusi yang terkumpul Rp. 2.115.000,” ucapnya.

Genius menerangkan dari 3 (tiga) lokasi yang ditarik retribusi tiket masuk tersebut, baik di Pantai Gandoriah, Pantai Kata dan Talao Pauh, Total Retribusi hari pertama ini berjumlah Rp. 11.015.000 rupiah, ungkapnya.

“Kita berharap, untuk hari-hari selanjutnya, kita dapat meraup puluhan juta lagi setiap harinya, sehingga capaian PAD Kota Pariaman akan meningkat, sehingga akan menimbulkan Multiplier effect dari kunjungan wisatawan ini, yang nantinya juga berimbas ke masyarakat atau pedagang yang menjual kuliner dan suvenir, sehingga perekonomian Kota Pariaman dapat tumbuh,” tukasnya.

Genius juga berharap, agar semua masyarakat Kota Pariaman dan wisatawan yang datang, untuk dapat menjaga ketentraman dan ketertiban, serta dapat melaporkan apabila mengalami pungutan liar (Pungli) atau yang tidak sesuai dengan harga tiket atau harga parkir yang tidak sesuai ketentuan, kepada UPP Saber Pungli Kota Pariaman, yang terdiri dari Pemko Pariaman, unsur TNI, Polri dan Kejaksaan Kota Pariaman, ungkapnya

“Untuk mengantisipasi Pungutan Liar (Pungli) di objek wisata dan transportasi selama Lebaran Idul Fitri 1444H/2023M, kita di Pemko Pariaman membuat UPP Saber Pungli, jadi apabila mengetahui pungli, dapat menghubungi Ketua UPP Saber Pungli Kota Pariaman 0813 6344 7808 atau dapat juga melapor ke app.poldasumbar.com/aduanpungli/ , bisa juga ke www.sipiko.pariamankota.go.id,” tutupnya. (Zaituni).

Pos terkait