Wako Sawahlunto Dukung Program Pemdes Tumpuak Tangah dan SGYF Go to School

Sawahlunto | Topsumbar – Pemerintah Desa Tumpuak Tangah menggandeng Badan Pengelola Geopark Sawahlunto menyelenggarakan jalan santai dan edukasi Geopark go to school, di Puncak Sungai Botuang Desa Tumpuak Tangah pada Sabtu 18 Maret 2023.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mendukung dan menghadiri kegiatan yang diikuti peserta sebanyak 220 orang pelajar SD dan SMP di Kecamatan Talawi tersebut.

“Kita mengapreasi dan berterima kasih kepada Pemdes Tumpuak Tangah dan Sawahlunto Geopark Youth Forum (SGYF) yang berkolaborasi melaksanakan kegiatan ini. Kita menilai dari kegiatan ini bagus sekali manfaatnya yakni memberikan edukasi kepada para pelajar mengenai geopark yang merupakan salah satu kekayaan dan potensi alam di desa ini,” kata Wali Kota Deri Asta.

Bacaan Lainnya

Menurut Wali Kota Deri hal itu penting supaya kelak para pelajar yang merupakan generasi penerus itu tidak mengabaikan potensi dari Geopark itu.

“Karena sebenarnya banyak yang bisa diberdayakan dari potensi Geopark. Harapannya kalau anak-anak kita sudah mengenal dan memahami itu sejak dini maka ketika dewasa nanti mereka akan mendukung bagaimana Geopark ini diberdayakan sehingga lebih banyak dikunjungi dan lebih besar dampak sosial ekonominya terhadap masyarakat setempat,” ujar Wali Kota Deri menjelaskan.

Ketua Sawahlunto Geopark Youth Forum Petra Ramadona mengatakan pelajar yang mengikuti kegiatan itu berasal dari SD Negeri 15 Kumanih Ateh, SD Negeri 03 Tumpuak Tangah dan SMP 05 Sawahlunto.

“Para pelajar ini memiliki keingintahuan yang besar mengenai Geopark. Itu terpantau tadi kami menerima banyak pertanyaan dari mereka tentang Geopark,” kata Petra Ramadona.

Sementara Kepala Desa Tumpuak Tangah Rudi Gusliyanto menyebut pihaknya mengadakan kegiatan itu dengan tujuan agar potensi alam di desa tersebut dapat dikenal dan dijaga oleh seluruh generasi termasuk generasi muda.

“Sekarang kawasan Puncak Sungai Botuang yang menjadi lokasi kegiatan kita sekarang ini sedang digarap menjadi panorama atau destinasi wisata. Kami berterima kasih kepada masyarakat pemilik lahan yang telah dengan sukarela menyerahkan tanahnya di Puncak ini agar kita bisa membangun sarana dan prasarana pendukung pariwisata,” kata Rudi.

Disampaikan Rudi, kegiatan itu juga didukung dan dikawal langsung oleh jajaran Polsek Talawi yakni melalui Bhabinkamtibmas dan Linmas Desa sehingga memperoleh pengawasan untuk perlindungan keamanan dan ketertiban.

(Ha/ Rollys Koto)

Pos terkait