Sijunjung | Topsumbar – BPP Kecamatan IV Nagari menggelar Focus Group Discussion (FGD) menindaklanjuti Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) di Muaro Bodi pada Senin (20/3).
“Bulan Januari hingga Pebruari lalu kita telah melakukan SKM terhadap layanan di BPP Kecamatan IV Nagari sebagai Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP)” demikian disampaikan Adpi Gunawan selaku Koordinator BPP Kecamatan IV Nagari.
“Setelah melakukan survey terhadap 100 orang responden, didapatlah nilai 83,05 (kategori baik), meningkat dibanding tahun lalu 82,44” Koordinator BPP Kecamatan IV Nagari melanjutkan.
Sungguhpun demikian, masih terdapat beberapa kritik dan saran dari responden yang di-FGD-kan pada hari ini.
FGD Tindak Lanjut SKM ini dihadiri oleh Kepala UPTD-BPPP, Kasi Ekbang Kecamatan IV Nagari, media massa goparlement.com tokoh masyarakat, serta Penyuluh Pertanian Swadaya dan Personil BPP Kecamatan IV Nagari.
Rata-rata responden merasa puas dan ingin agar pelayanan lebih ditingkatkan lagi, demikian rekapitulasi kritik dan saran yang berhasil dirangkum oleh Tim Survey.
SKM adalah amanat UU Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang mengamanatkan Pemda wajib meningkatkan kualitas dan menjamin penyediaan pelayanan publik sesuai azas-azas umum pemerintahan serta memberikan perlindungan bagi setiap warga negara.
Dari 34 indikator dan yang diwujudkan pada 6 aspek pelayanan publik, SKM adalah poin ke-8 azas pelayanan publik. (AG)