Usai di PDIKM, Wakil Dubes AS Kunjungi Diniyyah Puteri

Padang Panjang | Topsumbar- Usai mengunjungi Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM), Silang Bawah, Kota Padang Panjang dalam rangka pertukaran kebudayaan dan hubungan kerja sama dengan Kota Padang Panjang, Senin (6/2/2023).

Di hari yang sama, kemaren Wakil Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS), Michael F. Kleine beserta rombongan berkunjung ke Perguruan Diniyyah Puteri.

Dikutip Topsumbar.co.id dari laman Kominfo Padang Panjang, Selasa (7/2/2023), unjungan perwakilan negeri Paman Sam ke Perguruan Diniyyah Puteri ini merupakan yang kesekian kalinya, bentuk hubungan baik yang terjalin selama ini antara kedua belah pihak.

Bacaan Lainnya

Di antara rombongan terlihat musisi beraliran beatbox (musik dari mulut), Beatbox House yang tampil menghibur para santri Diniyyah Puteri.

Rombongan disambut Pimpinan Perguruan Diniyyah Puteri, Fauziah Fauzan, kepala departemen, kepala sekolah dan majelis guru.

Michael F. Klaine saat memberikan sambutan menyampaikan, perasaan
senang, menginjakkan kaki pertama kalinya ke Diniyyah Puteri.

Dirinya disambut dengan penampilan musik kolaborasi santri Diniyyah Puteri. Dia merasa terkesan ada sebuah pesantren tetapi memiliki hubungan internasional yang banyak dengan negara lain.

Lebih lanjut, Michael mengatakan, ingin melihat lebih banyak santri Diniyyah Puteri yang bersekolah ke Amerika Serikat dan melakukan program diplomasi budaya melalui musik serta olahraga.

Menurutnya musik merupakan bahasa universal sehingga sangat relevan jika dijadikan bagian dari diplomasi antarnegara.

Michael juga menuturkan, kekagumannya kepada pendiri sekolah tersebut. Yakni Rahmah El Yunusiyyah. Sosoknya dinilai melakukan investasi yang cerdas dengan mendirikan sekolah khusus untuk para wanita.

Michael berujar, wanita yang berpendidikan akan mengubah banyak lini kehidupan, baik dari segi sosial, ekonomi, budaya dan banyak berbagi aspek kehidupan lainnya.

Sementara itu, Fauziah Fauzan menjelaskan, kunjungan ini merupakan bentuk silaturahmi antara Kedubes Amerika Serikat dengan Diniyyah Puteri.

Kedua belah pihak membicarakan program diplomasi dengan sosial budaya, pertukaran pelajar dan beasiswa bagi para santri yang berminat sekolah ke Amerika Serikat.

(AL/Rel)

Pos terkait