Pengalaman Pertama, ke Medan Ikut Meriahkan HPN 2023

Oleh : Alfian YN

Hari Pers Nasional (HPN) setiap tahunnya diperingati tanggal 9 Februari, tahun 2023 ini puncak perayaannya dipusatkan di Kota Medan, Sumatra Utara.

Dari informasi dihimpun tidak kurang 7000 orang wartawan dari penjuru Indonesia bakal berdatangan  ke kota yang beberapa tahun belakangan populer dengan julukan Kota Ketua itu.

Bacaan Lainnya

Kedatangan ribuan wartawan dari berbagai penjuru Indonesia itu adalah guna memeriahkan agenda sekali satu tahun yang telah disusun panitia pusat HPN 2023.

Dari siaran pers panitia pusat HPN, Selasa 24 Januari 2023 lalu, terungkap beragam rangkaian kegiatan digelar. Dimulai tanggal 7 Februari sampai puncaknya tanggal 9 Februari.

Selain kedatangan ribuan wartawan, para pejabat penting negeri ini dari hampir seluruh tingkatan juga akan datang memeriahkan HPN 2023.

Termasuk akan dihadiri langsung Presiden RI Joko Widodo yang sekaligus membuka resmi perayaan HPN 2023.

Dengan kedatangan ribuan wartawan dari berbagai tingkatan dan para pejabat penting negeri ini, dapat dipastikan Kota Medan bakal hingar bingar dari publikasi media.

Akan halnya saya juga berencana ikut ke kota Medan. Berangkat bergabung dengan rombongan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kota Padang Panjang yang  direncanakan berangkat hari ini, Senin (6/2/2023).

Lantas apa esensinya bagi saya mengikuti langsung peringatan HPN 2023 di Kota Medan?

Bagi saya pribadi bisa mengikuti langsung puncak perayaan HPN 2023 nantinya akan menjadi pengalaman pertama. Sebab, tahun-tahun sebelumnya saya belum pernah menghadiri langsung puncak perayaan HPN.

Keinginan lama saya untuk bisa bertemu tokoh-tokoh pers negeri ini kemungkinan akan bisa terealisasi dengan mengadiri langsung HPN.

Lalu, setelah adanya kepastian berangkat ke kota Medan menghadiri langsung HPN 2023 yang diputuskan dalam rapat pengurus PWI Kota Padang Panjang, Jumat (3/2/2023).

Sehari setelahnya atau Sabtu (4/2/2023) lalu, saya menghadap Ibu Siti Rahmadani Hanifah selaku Pemimpin Redaksi/Penanggungjawab Topsumbar.co.id, media online tempat saya bekerja di kantor redaksi di Kota Padang.

Saya melaporkan tentang keberangkatan ke kota Medan dalam rangka menghadiri HPN 2023. Alhamdulillah disambut gembira oleh ibuk Siti Rahmadani Hanifah.

“Selamat berangkat menghadiri HPN 2023 di Kota Medan, pak. Semoga semua berjalan lancar dan sukses,” ucap Hanny Tanjung panggilan akrabnya ibuk Siti Rahmadani Hanifah.

Atas sambutan gembira itu, saya pun bertekad akan menulis reportase berita langsung dari arena HPN 2023 yang nantinya akan disuguhkan untuk pembaca Topsumbar.co.id, InsyaAllah. (*)

Penulis adalah wartawan dan dewan redaksi di media Topsumbar.co.id

Pos terkait