Ombudsman RI, Berikan Piagam Standar Pelayanan Publik Pada Pemko Sawahlunto.

Sawahlunto | Topsumbar – Ombudsman RI berikan Piagam pada Pemko Sawahlunto,karena dinilai berhasil masuk dalam kategori kualitas tinggi atau zona hijau dalam Standar Pekayanan Publik thn 2022. Ombudsman berikan piagam penghargaan predikat kepatuhan standar pelayanan publik diserahkan oleh Yefri Heriani Kepala Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat,kepada Zohirin Sayuti Wawako Sawahlunto di Padang, (Rabu,01 Feb’ 2023)
Penilaian yang dilakukan Ombudsman itu berhasil memperoleh nilai 78,64 atau kualitas tinggi. “Kami melihat Pemko Sawahlunto memiliki semangat dan kinerja yang bagus, di th2023 ini semoga nilainya bisa ditingkatkan sehingga bisa masuk ke kualitas tertinggi,” kata Yefri.

Penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik itu disebutkan Yefri, merupakan penilaian untuk mengukur tingkat kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik pada Kementerian/Lembaga/Daerah terhadap Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

“Penilaian ini merupakan salah satu upaya pencegahan maladministrasi dengan menilai kondisi penyelenggaraan pelayanan publik secara komprehensif dengan hasil akhirnya berupa Opini Pengawasan Pelayanan Publik,” tukuk Yefri.

Bacaan Lainnya

Lebih jauh Yefri menjelaskan ,Ombudsman dalam melakukan penilaian didasarkan pada empat dimensi yaitu, kompetensi penyelenggara, pemenuhan sarana dan prasarana, pemenuhan standar pelayanan publik, serta pengelolaan pengaduan.

Wawako Zohirin Sayuti menyampaikan pencapaian nilai 78,64 atau kualitas tinggi itu mencerminkan Pemko Sawahlunto telah bekerja dengan baik dan benar dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

“Pemko Sawahlunto berkomitmen untuk terus mengawal dan menerapkan pelayanan publik yang semakin baik. Seperti yang sudah tercantum dalam salah satu misi Pemko Sawahlunto yang berbunyi ,menghadirkan pemerintahan yang baik, bersih dan inovatif, kemudian juga tersedianya infrastruktur publik yang merata dan memadai,” kata Wawako Zohirin.
Zohirin Sayuti menyampaikan terima kasih kepada Ombudsman ,atas pengawasan dan penilaian yang dilakukan, karena telah membantu Pemko Sawahlunto untuk mengevaluasi kinerja pelayanan publik.

“Nilai kualitas tinggi ini bisa diperoleh Pemko Sawahlunto sebagai buah dari semangat dan kerja keras dari seluruh jajaran yang tersebar di OPD, instansi maupun Desa dan Kelurahan serta pihak-pihak terkait lain. Oleh sebab itu kita aturkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi untuk pelayanan publik di Sawahlunto ini,” ujar Zohirin Sayuti.

Nilai tinggi atau prestasi ini, diingatkan Wawako Zohirin Sayuti agar jangan sampai membuat jajarannya berpuas diri, sebab pelayanan publik bukan pekerjaan yang selesai ketika mendapat nilai bagus saja.

“Pelayanan publik ini amanah, yang akan terus berlangsung. Jadi prestasi sekarang ini menjadi motivasi bagi kita untuk lebih semangat dan lebih baik dalam melayani masyarakat. Kalau ada nilai tinggi atau prestasi,itu dianggap bonus saja, mau dapat nilai atau tidak, amanah pada masyarakat tetap wajib kita laksanakan,” harap Zohirin Sayuti.

(Rollys Koto)

Pos terkait