HJK Sijunjung 74, Bedah Buku “Koki Otonomi” Bersama Prof. Djo

HJK Sijunjung 74, Bedah Buku "Koki Otonomi" Bersama Prof. Djo

Sijunjung | TopSumbar – Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si Sutan Gumilang (BDY) membuka secara resmi Bedah Buku “Koki Otonomi” yang dihadiri langsung oleh Prof. Dr. H. Djohermansyah Djohan, MA di Gedung Pancasila, Muaro Sijunjung pada Kamis (16/2).

Prof. Dr. H. Djohermansyah Djohan, MA yang lebih dikenal sebagai Prof. Djo merupakan pakar otonomi daerah yang sudah malang melintang sebagai pamong, birokrat dan guru besar sekaligus pendiri I-OTDA.

Melalui buku “Koki Otonomi” kita akan mengetahui bagaimana perjalanan hidup Prof. Djo, lika-liku perjuangan, emosi, suka dan duka, sampai kisah blessing in disguise yang dihadapi beliau selama ini yang belum pernah terungkap.

Bacaan Lainnya

Di tengah kelangkaan buku biografi, terutama yang mengisahkan sosok pamong pemerintahan, maka buku “Koki Otonomi” bisa dijadikan sebagai referensi utama untuk pembaca nantinya.

Buku “Koki Otonomi” ditata dengan gaya bahasa bertutur yang gurih, dengan membaca buku ini akan membuat pembaca mampu mengunyah berbagai masalah otonomi daerah dengan mudah.

“Buku ini bukanlah bentuk pengkultus-individuan terhadap saya secara pribadi, tetapi adalah atas inisiasi Jose Rizal yang prihatin karena minimnya di toko-toko buku biografi mengenai seorang pamong” demikian Prof. Djo mengawali pemaparannya.

“Setelah berdiskusi dengan Jose Rizal di sebuah Restoran Padang, enam bulan kemudian buku ini diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas dan sekarang sudah Cetakan Ketiga” ujar Prof. Djo dihadapan peserta Bedah Buku “Koki Otonomi” yang terdiri dari Bupati Sijunjung, Sekdakab, Asisten, Staff Ahli, Kabag, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, pimpinan Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP), serta Wali Nagari Koto Tuo dan Wali Nagari Palaluar.

“Dengan hadirnya buku ini diharapkan dapat menambah khazanah tentang kisah seorang anak pamong dan otonomi daerah” ujar Prof. Djo yang merupakan mantan Dirjen Otonomi Derah ini dihadapan peserta bedah buku yang turut dihadiri oleh Ketua Forum Pelayanan Publik Kabupaten Sijunjung Saptarius (Wartawan Utama) sekaligus Pimred jurnalsumbar.com

“Bila diibaratkan seorang koki, Djoher itu koki Restoran Padang yang handal” demikian komentar Jusuf Kalla pada cover buku edisi cetakan ke-2.

“Prof. Djo ini banyak memberikan inspirasi kepada kita, saya pernah berdebat sangat keras sekali dengan beliau soal penyelengara pemilu, saya angkat dua jempol untuk beliau” demikian komentar Ganjar Pranowo pada laman otonominews.co.id

“Kehadiran Prof. Djo di Kabupaten Sijunjung berhubungan erat dengan tugas kita saat ini, kemudian sebagaimana saran Ombudsman RI kiranya Forum Yanlik Kabupaten Sijunjung dapat dicontoh oleh daerah lainnya” demikian sambutan Bupati Sijunjung BDY diawal Bedah Buku “Koki Otonomi”. (AG)

Pos terkait