Tour de PDRI Memperingati Hari Bela Negara

Sijunjung | Topsumbar – Tour de PDRI dalam rangka memperingati Hari Bela Negara dilaksanakan pada Jumat (16/12) menempuh rute Muaro Sijunjung menuju Silantai dilepas oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sijunjung Afrineldi, SH.

Tour de PDRI diikuti oleh 45 orang pesepeda yang dimulai pada Rabu (14/12) dari Padang menuju Solok Selatan.

Tour de PDRI hari kedua adalah Kamis (15/12) di Kabupaten Dharmasraya.

Bacaan Lainnya

Kemarin sore peserta Tour de PDRI bersama panitia dan Upiak Isil telah sampai di Sijunjung dan menginap di homestay Perkampungan Adat Sijunjung “Lorong Waktu Minangkabau”.

“Sesuai instruksi Buya (Gubernur Sumbar) PDRI harus disosialisasikan lagi kepada masyarakat luas” ungkap salah seorang panitia Tour de PDRI, Habib, kepada topsumbar.co.id malam tadi.

“Semangat dan nilai perjuangan PDRI dalam mengusir penjajah harus ditiru dan diteladani oleh generasi sekarang terutama para pemuda sebagai penerus estafet kepemimpinan” ujar Kadisparpora Kabupaten Sijunjung Afrineldi, SH.

“Hari Bela Negara yang merupakan hari besar nasional diperingati setiap tanggal 19 Desember dengan latarbelakang kejadian di Kabupaten Sijunjung hendaknya menjadikan kita lebih bersemangat lagi dalam mengisi dan melanjutkan cita-cita para pejuang” ujar Afrineldi, SH.

“Dengan even bersepeda diharapkan dapat memasyarakatkan olahraga sekaligus ajang mempromosikan Geopark Silokek menuju UGGp (UNESCO Global Geopark)” lanjut Afrineldi, SH yang murah senyum ini.

Tour de PDRI di Kabupaten Sijunjung menempuh rute gowes dari RTH Logas-Silokek-Sumpur Kudus-Silantai dengan didampingi Upiak Isil dan singgah di Rest Area Silokek, Museum Rumah Masa Kecil Ahmad Syafii Maarif di Sumpur Kudus Selatan, Tugu PDRI di Sumpur Kudus serta Rumah Tempat Sidang Kabinet PDRI di Silantai.

Besok (17/12), Tour de PDRI melanjutkan gowes di Bukittinggi.

Pada Ahad (18/12) Tour de PDRI menempuh rute di Kabupaten 50 Kota diisi dengan sarasehan oleh Menko Polhukam Prof. Mahfud MD, Gubernur Sumbar Mahyeldi dan Kepala Laboratorium Sejarah UNP Dr. Aisiah, M.Pd.

Pada Ahad tersebut juga diumumkan pemenang lomba video pendek dengan tema Bela Negara (PDRI) berhadiah Rp. 4 juta, Rp. 2 juta, Rp. 1 juta masing-masing untuk juara 1, 2 dan 3.

Hari Bela Negara ditetapkan menjadi hari besar nasional melalui Kepres Nomor 28 tahun 2006 sebagai bentuk penghormatan negara atas jasa PDRI dibawah kepemimpinan Mr. Syafruddin Prawiranegara yang bahu-membahu bersama penduduk di pelosok nagari melawan penjajah Belanda dalam kurun waktu 207 hari. (Gun)

Pos terkait