Sekda Agam Buka Lomba Pasambahan Yang Digelar Pemnag Garagahan

Agam | Topsumbar – Selain pembangunan fisik, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi hal utama yang harus dilakukan dalam membangun nagari.

Bupati Agam melalui Sekdakab Agam, Edi Busti mengatakan, pembangunan fisik bisa selesai dikerjakan dalam jangka waktu tertentu, tapi SDM memerlukan waktu untuk menuju orang yang berkualitas.

“Apalagi membangun SDM dalam mengembangkan adat budaya. Ini membutuhkan waktu, ketelitian dan kesabaran,” ujarnya saat buka lomba pasambahan yang digelar Pemnag Garagahan, Sabtu (19/11/2022), dilansir Topsumbar.co.id dari AMC News.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, bukan pasambahannya saja yang perlu dipahami, tapi juga petatah petitih, sandi nagari dan lainnya berhubungan dengan adat istiadat.

Jangan sampai jalan diasak urang lalu, cupak dipapek urang panggaleh. Ini perlu disampaikan pada generasi,” katanya.

Dikatakan, perkembangan zaman saat ini tidak banyak generasi berminat seni budaya, mereka kini asyik dengan dunia digital yang bukan budaya nagarinya.

Untuk itu katanya, perlu perubahan dalam mengembangkan adat budaya ini dengan menggunakan sistem digital, supaya masyarakat tidak kehilangan rekam jejak adat Minangkabau.

“Tidak salah mendidik anak menggunakan teknologi, tapi jangan sampai mereka tidak mengenal adat budaya yang ada di nagari,” tegasnya.

(AL)

Pos terkait