IPM Sijunjung Lakukan Pelatihan Kader Taruna Melati

Sijunjung | Topsumbar – Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Sijunjung mengadakan Pelatihan Kader Taruna Melati di Muaro Sijunjung pada Jumat (2/9).

Acara yang diadakan di Gedung Dakwah Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif (GDM-ASM) Sijunjung ini mengusung tema “Menjadikan Pelajar Muhammadiyah Sijunjung Yang Berkemajuan”.

Acara yang diikuti 30 orang peserta ini dihadiri oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sijunjung, Pimpinan Daerah Aisiyah, Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM), Anak PanahMU, serta Pimpinan Daerah 344 Tapak Suci Putera Muhammadiyah (TSPM) dan Pimpinan Wilayah IPM Sumatera Barat.

Bacaan Lainnya

Irvianda M. Yusuf tampil mengawali acara dengan membacakan Kalam Illahi kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Sijunjung, Sang Surya dan Mars IPM dengan derigen yaitu Jusmita.

Ketua Bidang Pengkaderan PW IPM Sumatera Barat Ipmawan Habibullah dalam sambutannya mengatakan bahwa gairah perjuangan kita abadi, “Marilah kita jadikan semangat juang Kiyai Ahmad Dahlan sebagai penyemangat kita, dan tugas kita sangatlah berat karena harus meneruskan semangat Kiyai Ahmad Dahlan serta Ahmad Syafii Maarif”.

Ketua PDPM Sijunjung Drs. H. Sumardi, M.Pd dalam arahannya sebelum pembukaan acara mengungkapkan bahwa ini sekaligus nostalgia, mengingat pada 1982 beliau merupakan Ketua IPM Kota Padang.

“Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertaqwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar” demikian Drs. H. Sumardi, M.Pd mengutip Ayat Suci Al-Qur’an surat An-Nisa ayat 9 dalam arahannya.

Dengan berorganisasi semoga bisa menjaga diri maupun keluarga dari siksa api neraka, jangan menjadi beban bangsa, jangan menjadi beban masyarakat, dan jangan menjadi beban keluarga, ujar Ketua PDM Drs. H. Sumardi, M.Pd yang juga pernah menjadi Ketua PWPM Sumbar pada 1985.

Pelatihan Kader Taruna Melati IPM Sijunjung akan berlangsung selama 3 (tiga) hari sampai Ahad (4/9) dengan agenda pembukaan, perkenalan, orientasi dan kontrak belajar, shalat Tahajjud, tadarus, shalat lima waktu, Kultum serta jalan pagi dan out bond.

Kemudian yang akan menyampaikan materi adalah para tokoh antara lain materi Keislaman (Islam Berkemajuan) disampaikan oleh Inggit Prabowo, S.Pd, KeIPMan (Gerakan IPM Yang Menggembirakan) oleh PW IPM Sumbar.

Selanjutnya ada juga materi KeMuhammadiyahan disampaikan oleh Icip Harianto, S.Th.I, Pelajar Berdaya disampaikan oleh Iqbal Musa, serta Peran Pelajar Muhammadiyah Untuk Sijunjung disampaikan oleh Ketua PDPM Sijunjung Defri Antoni, SE, MM.

(Gun).

 

Dapatkan update berita pilihan seputar Sumatera Barat hari ini dari Topsumbar.co.id. Mari bergabung di Grup Whatsapp “TOPSUMBAR|Media Online”, caranya klik link https://chat.whatsapp.com/HIjz25fqv3j6AguRPbSoeT, kemudian join. Anda harus install aplikasi Whatsapp terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait