Kompetensi Guru Harus Selalu Ditingkatkan

Pesisir Selatan | Topsumbar – Guna meningkatkan mutu pendidikan maka kepada tenaga pendidik atau guru agar meningkatkan kompetensi di dalam melaksanakan PBM di sekolah.

Hal itu dikatakan Keoala Dinas Pendidikan dan Kebudayaann Kabupaten Pesisir Selatan, Salim Muhaimin. Menurutnya, Kopetensi di bidangnya bakal terlalu menbatu guru untuk melaksanakan PBM di sekolah.

“Kemampuan membaca bakat siswa, membuat siswa lebih terarah di dalam punyai jurusan atau fakultas setelah mereka tamat nanti,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Menurut Salim, agar mutu pendidikan di tingkat sekolah dasar (SD) dan menengah makin lebih baik lagi dan terhitung punyai daya saing, maka kepada tenaga pendidik atau guru diminta agar meningkatkan kompetensinya di dalam melaksanakan Proses Belajar Mengajar (PBM) di sekolah.

Ia meminta agar tenaga pendidik dapat membaca bakat siswanya agar tidak keliru nantinya kala menentukan jurusan saat kuliah. Kedepan, peningkatan mutu guru bakal selamanya dijadikan sebagai skala prioritas.

“Guru berkualitas, maka proses transfer ilmu di depan kelas kepada anak didik bakal berjalan bersama dengan baik dan terhitung menyenangkan,” tuturnya.

Pihaknya mengupayakan agar guru mendapatkan pelatihan tentang metode pembelajaran yang berkualitas bersama dengan proses studi yang menyenangkan bagi siswa.

Seperti halnya matematika yang sepanjang ini jadi mata pelajaran terlalu sulit, jadi matematika yang terlalu ringan dan menyenangkan dan siswa tidak harus cemas lagi bersama dengan mata pelajaran matematika itu.

Kemudian, diajarkan terhitung tentang pengelolaan kelas, bagaimana mengakses materi bersama dengan menyenangkan, memberikan materi inti bersama dengan mengasikkan dan bagaimana menutup materi bersama dengan mengesankan.

“Karena inti berasal dari sebuah proses studi mengajar adalah transfer ilmu. Tujuan akhirnya, ilmu yang ditransfer oleh guru dapat diterima bersama dengan baik oleh anak didik,” katanya.

Ditambahkan lagi bahwa kekuatan guru menciptakan ruang studi yang efektif, bakal menentukan sejauh mana pelajaran dapat diserap murid bersama dengan baik. Secara garis besar nilai-nilai yang diajarkan adalah fun, easy, Inspiring dan spirituality.

Seperti diketahui, pendidikan terlalu fundamental di dalam merawat masa depan bangsa dan pondasi kuat di tengah sengitnya kompetisi regional dan global.

“Disisi lain, pendidikan harus dicermati secara holistik. Mulai berasal dari ketersediaan bangunan sekolah, sarana dan juga perlengkapan pendukung proses studi mengajar lainnya cocok tingkatan sekolah,” tutupnya.

Pos terkait