Guspardi Gaus Sumbang Rp 100 Juta, Pembangunan Asrama Thawalib Dilanjutkan

Padang Panjang | Topsumbar – Pembangunan gedung asrama Thawalib Putra Padang Panjang dilanjutkan sampai selesai.

Keputusan melanjutkan pembangunan tersebut setelah dilakukan peresmian pembangunan gedung asrama tahap pertama pada Selasa 12 Juli 2022 lalu.

Sementara anggota DPR RI asal Sumatera Barat H Guspardi Gaus menyerahkan sumbangan untuk kelanjutan pembangunan gedung asrama tersebut sebesar Rp 100 juta.

Bacaan Lainnya

Penyerahan sumbangan langsung diserahkan kepada Ketua Umum Yayasan Thawalib, Abrar yang disaksikan langsung oleh Gubernur Mahyeldi Ansharullah, Walikota Padang Panjang, Fadly Amran, Ketua DPRD Padang Panjang, Mardiansyah, Kepala Kementerian Agama Padang Panjang, Alizar Chan dan jajaran pengawas dan pengurus yayasan.

Sekretaris Umum Yayasan Thawalib Irwan Natsir, melalui keterangan tertulis diterima Topsumbar.co.id, Kamis (21/7/2022) menjelaskan, pembangunan gedung asrama Thawalib yang diresmikan oleh Gubernur, Walikota dan Ketua Pembina Yayasan Thawalib pada Selasa 12 Juli lalu itu adalah pembangunan tahap pertama.

“Pekerjaan pembangunan gedung asrama yang diresmikan baru sampai 30 persen dari keseluruhan pembangunan gedung asrama,” ujarnya.

Dijelaskan Irwan Natsir, setelah peresmian gedung asrama Thawalib tahap pertama, maka disepakati keberlanjutan pembangunan gedung asrama Thawalib Putra sampai selesai.

“Alhamdulillah organ yayasan yakni unsur pembina, pengurus dan pengawas sepakat memutuskan bahwa pembangunan gedung asrama dilanjutkan sampai selesai,” kata Irwan Natsir.

Keputusan Yayasan Thawalib untuk melanjutkan pembangunan gedung asrama sampai tuntas, karena sekarang baru selesai dibangun delapan kamar santri dan satu kamar mandi.

“Disain gedung asrama tersebut keseluruhannya jumlah kamar mencapai 20 kamar santri dan tiga kamar mandi. Jadi akan dilanjutkan pembagunan untuk 12 kamar tidur santri dan dua kamar mandi lagi,” jelas Irwan Natsir.

*Sumbangan Guspardi Gaus*

Anggota DPR RI asal Sumatera Barat H Guspardi Gaus menyerahkan sumbangan untuk pembangunan gedung asrama sebesar Rp 100 juta. Penyerahan sumbangan tersebut dilakukan pada saat acara peresmian gedung asrama Selasa 12 Juli 2022.

Menurut Guspardi Gaus, selaku alumni Thawalib Padang Panjang dan selama ini memberikan perhatian terhadap kemajuan Perguruan Thawalib, maka ia menyerahkan sumbangan sebesar Rp 100 juta untuk pembangunan gedung asrama.

“Semoga adanya sumbangan tersebut untuk mendorong Yayasan Thawalib terus melanjutkan pembangunan gedung asrama sampai selesai,” ujarnya.

Dalam rancangan awal biaya keseluruhan pembangunan gedung asrama Thawalib Putra mencapai Rp 9 miliar. Gedung tersebut terdiri dari tiga lantai yang terdapat 20 kamar tidur santri dan tiga kamar mandi.
Untuk satu kamar tidur ditempati sebanyak 16 orang santri.

Jika selesai pembangunan asrama dengan 20 kamar tidur maka daya tampung asrama mencapai 320 orang.

“Saat ini dengan selesainya pembangunan tahap pertama dengan 8 kamat tidur, maka sudah ditempati sebanyak 128 orang santri, serta satu kamar mandi,” pungkasnya.

(AL)

Pos terkait