Tim Safari Ramadhan Sumbar Kunjungi Masjid Agung Al Muhsinin Kota Solok

Kota Solok | Tosumbar – Kunjungan Tim Safari Ramadan Provinsi Sumbar yang dipimpin oleh Dr. Refnaldi, M.Litt selaku Wakil Rektor I UNP pada hari ke sembilan puasa di Masjid Agung Al-Muhsinin Kota Solok, didampingi langsung oleh Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar.

Ucapan selamat datang dan terimakasih, disampaikan oleh Wako Zul Elfian kepada Tim Safari Ramadhan Provinsi. Wako juga menjelaskan saat ini Pemerintah Kota Solok melaksanakan berbagai kebijakan untuk mewujudkan Solok menjadi Kota yang diberkahi, maju dan sejahtera.

Wakil Rektor Bidang Akademik UNP mengingat kembali bahwa dulunya Provinsi Sumatera Barat dikenal sebagai sentral pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya mahasiswa dari luar daerah yang menimba ilmu di Sumatera Barat.

Bacaan Lainnya

Namun karena beberapa faktor keadaan ini telah berubah. Untuk saat ini Pemerintah Daerah sedang berusaha mengembalikan Sumatera Barat sebagai sentra pendidikan.

“Salah satu program yang dilaksanakan yaitu dengan meningkatkan kualitas lembaga pendidikan,” kata Wakil Rektor I Universitas Negeri Padang (UNP), Dr. Refnaldi, M.Litt saat Safari Ramadan Provinsi Sumatera Barat di Masjid Agung Al-Muhsinin Kota Solok, Senin (11/4/2022).

Permasalahan lain yang dihadapi dalam peningkatan mutu pendidikan Sumatera barat, lanjutnya, adalah angka putus sekolah karena adanya pandemi Covid-19.

Mengatasi hal ini, menurut Dr. Refnaldi, Pemerintah telah mencanangkan berbagai program pendidikan. Baik itu berupa KIP Kuliah untuk perguruan tinggi negeri maupun program beasiswa lain untuk perguruan tinggi swasta.

Untuk meningkatkan kualitas dan kesempatan kepada mahasiswa, pemerintah juga mencanangkan program merdeka belajar kampus merdeka. Dengan program ini nantinya mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk melakukan studi selama satu semester di luar negeri atau kampus ternama di Indonesia.

Selanjutnya Dr. Refnaldi menyampaikan, UNP akan membuka jurusan kedokteran. Menurutnya hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan yang lebih luas bagi anak-anak Sumatera Barat yang akan melanjutkan pendidikan di bidang kesehatan.

“Persiapan pendirian Fakultas Kedokteran UNP semakin matang. Sejumlah kajian dan kerjasama dengan rumah sakit juga telah dilakukan, termasuk dukungan penuh dari Universitas Andalas,” ungkapnya.

Rombongan Tim VI yang ikut serta mendampingi Dr. Refnaldi yaitu Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Dr. Wedi Nasrul M.Si, Kepala BPS Sumbar, Kepala Balitbang, Kadis LH, Kepala BPSDM, Ketua STAI-PIQ Sumbar dan Penceramah H. Syafwan Diran.

Pada pengujung acara, didampingi Wako Zul Efian, Ketua TSR VI Sumbar menyerahkan bantuan sebesar Rp50 Juta yang diterima Drs. Syafwi Qohir selaku pengurus Masjid Al Muhsinin.

(gra)

Pos terkait