Link BAGIAN I (https://www.topsumbar.co.id/menelisik-tambo-alam-surambi-sungai-pagu-di-solok-selatan-bagian-i/)
Link BAGIAN II (https://www.topsumbar.co.id/menelisik-tambo-alam-surambi-sungai-pagu-di-solok-selatan-bagian-ii/)
Hai, Topers.
April ternyata musim hujan ya, setelah membaca dua artikel sejarah tentang Tambo Alam Surambi Sungai Pagu kemarin, bagaimana rasanya? Apakah sedikit membantu, menambah pengetahuan dan ingin mengetahui lebih banyak lagi? Saya mengucapkan terima kasih banyak atas pihak-pihak yang terlibat secara langsung dalam tulisan ini. Kepada bapak Firdaus dan bapak Yulizal Yunus yang telah bermurah hati memberikan sumber, pihak kominfo Solok Selatan, instagram InfoSolsel dan juga pihak Top Sumbar yang menyediakan rubrik khusus untuk membahas seni budaya. Terlebih kepada pembaca budiman di manapun berada.
Sekarang kita masuk kepada gelombang ketiga, namun saya tekankan bahwa gelombang ketiga adalah gelombang yang akan berbuntut panjang hingga terbentuknya Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu hingga hubungannya dengan kerajaan-kerajaan lain di sekitarnya. Akan banyak perbedaan pendapat dan sumber yang kita jumpai, berpulang kepada kita menguji kebenarannya.
Tertulis dalam Tambo bahwa Alam Surambi Sungai Pagu adalah: Iku Lareh, Kapalo Rantau, Kapak Radai Luhan Nan Tigo, Barambun Ka Batang Hari, Batangkai Ka Bukik Gombak, Batampuak Ka Jambu Lipo, Bakapak Ka Indragiri, Barambai Ka Indo Puro.
Merujuk keterangan penelitian yang dilakukan oleh bapak Firdaus Dt. St. Mamat dalam penelitiannya yang berjudul ‘History and Culture of the Kingdom of Alam Surambi Sungai Pagu, South Solok‘ adapun yang di maksud dengan Iku Lareh adalah ujung tanah darek (Surian dan Pantai Cermin), Kapalo Rantau adalah Rantau XII (Sangir), Kapak (Kekuatan di darat, Agam dan Tanah Datar), Radai (kekuatan di air/laut yang meliputi Batangkapas, Taluk, Taratak, Surantih, Amping Parak, Kambang, Lakitan, Palangai, Pulasan dan Sungai Tunu).
Oh iya, di artikel sebelumnya saya lupa memberikan tulisan langsung dalam tambo yang menyebutkan kedatangan Inyiak Nan Kawi Majo Ano atau yang dalam curaian tambo disebut sebagai niniak nan salapan (delapan orang nenek-moyang).
Mulo bajalan niniak nan salapan, kapalo rombongan banamo Nan Kawi Majo Ano, nan iduik bakahidupan, sapanuah rimbo bara mulo, antaro Musi jo Batang Hari, Ikuik sabanyak dalapan urang laki-laki padusi, tapi indak disabuik hubungan antaro nan satu jo nan lainnyo.
Sungai Sayuik mulo ka diunyi tapi indak jadi, taruih bajalan ka Sungai Singkut jo Batang Tebo, lamo manatap di batang Jujuan, dari batang Jujuan bukik sabalah kida arah Selatan ka arah Utara jalan ditaruihkan rombongan Niniak Nan Salapan, patang hari ditamui sabuah sungai nan dibari namo Sungai Batang Hari, sungai Batang Hari taruih ditelusuri arah ka hulu jo bapuluah-puluah anak sungai nan tardapek di suok kida.
Lah lamo dipajalanan ditamui sabuah sungai nan bacabang duo menjadi satu, satu sabalah suok dan satu sebelah kida, aie nan mailie dari sungai sabalah suok itu warnanyo agak karuah karak, dipakirokan mungkin alah ado panghuni, ditampuah mudiak dengan teliti, itulah asa namo Batang Suliti, sungai yang jernih sebelah kida indak jadi ditampuah hanyo diangko sajo, itulah sampai kini barnamo Batang Bangko.
Niniak Nan Kawi Majo Ano taruih mamudiek-i Batang Suliti, alah sakian lamo lalu baistirahat di tapian nan barpasie, mako dibari tando dan ditando-i tampek iko jo mangarek pangka batang Manau nan malilik di sabuah batang kayu nan tinggi rindang. Ujuangnyo sampai ka Sipanjang, daunnyo sampai ka Sirampak, ujuang manau Malayu Kaciak, Koto Kaciak patangahannyo, di Malayu pangkanyo di Kampuang Dalam. Sasudah itu pajalanan Niniak Nan Salapan ditaruihkan kaarah hulu dan baistirahat di Sungai Manau.
Sekarang mari kita lanjutkan petualangan ini ke gelombang yang ketiga, gelombang inilah yang nanti akan mendirikan kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu.
GELOMBANG KETIGA
Setelah lama berkembang, Inyiak yang bertiga (Inyiak Samilu Aie, Inyiak Samiek dan Inyiak Nan Kawi Majo Ano) hidup secara berdampingan. Lama kelamaan mereka disebut sebagai Pauah Nan Batigo, atau ada juga yang menyebut mereka sebagai Pauah Duo Nan Batigo (sekarang menjadi nama salah satu kecamatan di Solok Selatan).
Tahun berbilang musim berganti, pada kurun waktu yang lama. Orang-orang dari Kerajaan Pagaruyung kembali melakukan perjalanan menjajak ekspedisi sebelumnya yang telah dilakukan oleh Inyiak Nan Kawi Majo Ano, mereka berjalan sebanyak 73 orang (menurut salah satu versi yang saya temukan) namun saat sampai di Kubuang Tigo Baleh, tinggallah 13 orang niniak dari rombongan tersebut (tinggal 60 orang, itulah muasal nama Kubuang Tigo baleh, artinya kutinggalkan 13 orang di sini) namun saya pribadi menganggap lemah sumber ini karena Kubuang Tigo Baleh sendiri baru ada sekitar pemerintah Pagaruyung diperintah oleh raja yang kejam dan bengis, raja itulah yang mengusir 13 orang datuk dari pusat kerajaan dan mendirikan luhak bungsu yang mereka namakan luhak Kubuang Tigo Baleh (artinya ku-buang 13 orang datuk ini dari Pagaruyung).
Jika kamu membaca Tambo Alam Minangkabau, didapatkan keterangan serupa itu; Maka Datuk yang tiga belas orang itu melakukan migrasi ke arah selatan Tanah Datar melewati perbukitan di pinggir danau Singkarak. Mereka membawa serta anak kemenakan dan kaum menurut sukunya masing-masing. Mereka menyebar hampir ke seluruh dataran Solok.
Apapun itu, Topers. Kita telah dikayakan oleh banyak referensi yang dapat kita saring sendiri dan sekaligus dapat membuat kita lebih jeli dalam mengidentifikasi sejarah. Saya lebih menekankan bahwa inyiak 60 tak ada sangkut-pautnya dengan Kubuang Tigo Baleh.
Oke, lanjut.
Dalam Tambo Alam Surambi Sungai Pagu sendiri dituliskan dengan:
Bajalan pulo Niniak kito nan bajumlah 60 urang barasa dari daerah Tanjuang Bungo, maniti pamatang panjang, bakaliaran sapanuah Bukik Barisan, sehiliran Batang Bangkaweh, salimbak Agam, manampuah dindiang Koto Tinggi, manyubarang ka sariak Alahan Tigo, Gumanti Sasapan Bungo, maminteh ka Bukik Bakeh, mujua nan indak dapek diraiah, malang nan indak dapek ditulak, maninggalah surang Niniak kito di Bukik Sipadeh Tingga, nan talatak disubalah timur Titian Panjang kacamatan Pantai Cermin kiniko.
Namun tatkala sampai di Alahan Panjang, rombongan yang berjumlah 60 tersebut berkurang karena salah seorang dari mereka wafat, beliau adalah Inyiak Sipadeh, sehingga bukit tempat beliau wafat tersebut sampai sekarang dinamakan Bukik Sipadeh.
Dalam tambo dituliskan:
Samajak dari bukik Sipadeh Tingga ko, mulailah tacantum sabutan “Niniak Kurang Aso Anam Puluah” malompe-i Batang Hari manuju kabaruah angin atau arah Selatan supayo Bukik Sipadeh Tingga tu dijauahi sacapeknyo, manuruik kepercayaan Niniak nan lain tanah tu adolah tanah cilako.
Dari sana 59 orang inyiak, atau yang nanti masyhur disebut sebagai Inyiak 60 Kurang Aso (enam puluh kurang satu) melanjutkan perjalanan hingga pada akhirnya sampai pulalah ke pemukiman Inyian Nan Batigo (Inyiak Samiek, Samilu Aie dan Nan Kawi Majo Ano). Di sini, menurut satu sumber (yang ditulis oleh Ir. Gamal Yusaf, Sutan Batuah dalam Urak Uraian Alam Pauah Duo Nan Batigo) menyebutkan bahwa kedatangan mereka sedikit ‘kurang bijak’ atau bisa disebut sebagai ‘pangandak an lawan’. Maka saat itu muncullah perseteruan dari kedua belah pihak, namun karena gelombang Inyiak 60 Kurang Aso adalah pendekar Pagaruyung yang sudah malang melintang dalam dunia peperangan dan memiliki alat yang sudah sedikit maju, golongan Inyiak Nan Batigo sedikit kewalahan membendung serangannya. Peperangan tersebut berlangsung di daerah yang kemudian disebut Benteng (sekarang Bentiang, wilayah Muara Labuh).
Menghadapi kenyataan seperti itu, maka Inyiak Nan Batigo mengubah taktik perang secara gerilya (karena kalah persenjataan) mereka menyerang ternak, menuba air dan berbagai cara lainnya yang dengan begitu keadaan menjadi berbalik. Inyiak 60 Kurang Aso yang tinggal di Pasir Talang pun merasa terusik dan tak mampu mengimbangi gaya bertarung ketiga Inyiak, maka dikirimlah seorang utusan untuk melakukan gencatan senjata sekaligus mengajak berdamai. Adapun utusan yang dikirim adalah Datuak Rajo Nan Baso, yang menghasilkan rundingan sepakat tidak akan saling mengganggu. Wujud dari kesepakatan tersebut diadakannya acara Mambantai Kabau Nan Gadang (menyembelih kerbau yang besar) dan dimakan bersama-sama (sampai sekarang prosesi ini masih dilakukan saat akan turun ke sawah, saat padi akan ditanam).
Namun dalam Tambo, kita akan menemukan sedikit redaksi yang berbeda meskipun muaranya tetap sama yaitu perdamaian yang berwujud membantai (menyembelih) kerbau besar.
Disebutkan:
Niniak nan 60 batamu jo anak sungai ketek banamo Batang Suliti dan dijalani ka arah ilie, sampai batamu jo rombongan Niniak Nan Kawi Majo Ano, dimano kaduo balah pihak alah saliang mangenal sabalunnyo, partamuan disabuah anak sungai nan kini banamo Sungai Manau, disinan pulo Niniak Nan Kawi Majo Ano manunjuakkan daerah ulayat nan alah dibari tando jo daun Manau layu. Sasudah ado kasapakatan, akhirnyo kaduo rombongan bapisah, rombongan Niniak Nan Kawi Majo Ano kaarah ulu Batang Suliti dan rombongan Niniak Kurang Aso Anam Puluah ka arah ilie nan babunyi Sungai Manau Parantian Batuang, Bajawek pasambahan malenggang lalu ka Sungai Pagu.
Akhianyo Niniak Kurang Aso Anam Puluah manamukan tando Daun Manau Layu nan dibuek dek Niniak Nan Kawi Majo Ano yoitu tando Daun Manau Layu nan ado di Pasir Talang, itulah asa samulo jadi-jolong mancancang jo malateh, mulo marambah jo malamun – tampek manambang manaruko, tampek batanam baro bilah – lalu badusun nan berumpuak/ sampai bakorong jo bakampuang.
Dengan begitu perseteruan menurut sumber di atas terbantahkan sudah. Konflik yang ada sebenarnya tidak sebesar itu karena dalam logika sejarah; niniak yang sudah lama tinggal tersebut pasti lebih banyak daripada niniak yang baru datang, yang hanya berjumlah 59 orang saja. Dan lagi, kekuatan Inyiak Samilu Aie dan Inyiak Samiek jauh melampaui itu karena bisa memenangkan peperangan dengan Inyiak Garagasi (lihat Bagian I). Namun apapun itu, Topers, tradisi Minangkabau memang kuat dalam lisan, sehingga kita sedikit susah dalam mendapatkan sumber yang tepat.
Sepertinya tulisan ini sudah cukup panjang, Topers, mungkin akan kita lanjutkan saja di babak selanjutnya. Bagaimana bermulanya berdiri Alam Surambi Sungai Pagu, bagaimana suku-suku di Solok Selatan ada, dan juga apa makna falsafah Alam Surambi Sungai Pagu yang sampai sekarang masih dipakai, yaitu; Sarantau Sasurambi.
Salam Budaya,
(Haris)