Wujudkan Ketahanan Pangan di Kota Solok, Dinas Pangan Siapkan Penilaian APN

Kota Solok | Topsumbar – Dalam rangka menggerakkan partisipasi, motivasi dan membangun sinergi antara pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan ketahanan pangan, Dinas Pangan Kota Solok menggelar rapat persiapan penilaian Adhikarya Pangan Nusantara (APN) untuk memberikan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara kepada Aparatur Pemerintah dan Kelembagaan Masyarakat yang berprestasi.

Dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pangan Ade Kurniati, S.Pt., Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan Ir. Efrizal Hasdi, Kabid Konsumsi, Penganekaragaman dan Keamanan Pangan, Analis Ketahanan Pangan beserta staf dan Dinas Pertanian Kota Solok, di ruang rapat Dinas Pangan Kota Solok, Selasa (22/3/2022).

“Tujuan dari penilaian Adhikarya Pangan Nusantara (APN) ini yaitu untuk menumbuhkan dan mendorong semangat, kreativitas dan partisipasi masyarakat untuk mengambil peran lebih besar dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan dan memberikan motivasi kepada aparat dan lembaga pemerintah untuk meningkatkan prestasi dan kinerjanya dalam mewujudkan ketahanan pangan daerah,” ujar Ade Kurniati.

Bacaan Lainnya

Sementara Kabid Efrizal Hasdi mengatakan, pelaksanaan penilaian APN akan dilaksanakan pada bulan April 2022 oleh tim ke lapangan. Untuk tingkat Kota Solok yang dinilai adalah kategori pelaku pembangunan ketahanan pangan yaitu kelompok Usaha Kecil Mikro (UKM) atau UP3HP (kelompok yang menggunakan bahan pangan lokal non beras dan terigu), Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) atau KWT/Dasawisma (aktif dalam pengembangan kegiatan pemanfaatan pekarangan atau yang pernah mendapatkan bantuan dari Dinas Pangan), dan Lumbung Pangan/Tunda Jual/LDPM/PUPM/DMP (aktif dan bergerak di bidang pangan yaitu Gapoktan).

Untuk penetapan pemenang di tingkat Kota Solok dilaksanakan setelah dilakukannya penilaian oleh Tim Penilai melalui rapat penetapan pemenang dengan berita acara penetapan pemenang APN tahun 2022.

Selain itu, ada juga penilaian kepada APN tingkat provinsi yang akan dikoordinasikan terlebih dahulu oleh kelompok kategori dan dinilai ke Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat.

Usulan serta profil calon kelompok pemenang/masyarakat/aparat sesuai kategori pada Tingkat Kota Solok disampaikan ke Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat pada waktu yang ditentukan kemudian. Pelaksanaan penyerahan hadiah pemenang Tingkat Kota akan dilaksanakan pada event tertentu Dinas Pangan sedangkan penyerahan hadiah Tingkat Provinsi akan dilaksanakan pada peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) Tingkat Provinsi.

(gra)

Pos terkait