Sumarak Anak Nagari Tandai Pembukaan Event Pariwisata Kota Solok Tahun 2022

Kota Solok | Topsumbar – Kegiatan Sumarak Anak Nagari yang merupakan kalender tahunan Dinas Pariwisata kembali digelar dari Pelataran Parkir Destinasi Wisata Pulau Belibis, Minggu (27/3) sore.

Kegiatan ini juga sebagai penanda dimulainya rangkaian event yang akan dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kota Solok selama tahun 2022. Pada event ini hadir Walikota Solok yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs. H. Nova Elfino, Ketua Kerapatan Adat Nagari Solok, Ketua LKAAM Kota Solok, Ketua Bundo Kanduang Kota Solok dan Kepala OPD terkait dan Pimpinan Sanggar Seni yang ada di Kota Solok.

Dalam laporannya panitia pelaksana kegiatan, Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok Hj. Elvy Basri, SE, MM menyampaikan bahwa kegiatan Sumarak Anak Nagari ini akan dilaksanakan rutin setiap bulannya dan bertempat di Destinasi Wisata Pulau Belibis.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan hari ini sekaligus merupakan launching seluruh event pariwisata yang akan digelar selama tahun 2022 ini, dan salah satu event nasional yang akan digelar di Kota Solok adalah Rang Solok Baralek Gadang yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” tutur Elvy.

Pada event ini ditampilkan atraksi seni dari Sanggar Alang Bangkeh dan Sanggar Lubuak Nan Tigo, menampilkan Tari Indang dari Sanggar Lubuak Nan Tigo dan Tari Piriang Basikencak dari Sanggar Alang bangkeh yang mengundang decak kagum pengunjung yang hadir.

Asisten Bidang I Drs. H. Nova Elfino yang membuka acara ini secara resmi dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih pada seluruh panitia pelaksana karena di tempat yang sama dan dalam hari yang sama berlangsung tiga event sekaligus yaitu Sepeda Wisata, Lomba Pancing dan Sumarak Anak Nagari.

“Tahun ini ada event nasional yang akan dilaksanakan di Kota Solok dan tentunya pemerintah daerah sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini, namun keberhasilan kegiatan tentunya tidak lepas dari peran aktif semua baik dari OPD maupun elemen masyarakat,” kata Nova Elfino.

Pada kesempatan itu, Ketua KAN, LKAAM dan Bundo Kanduang pada sambutannya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah dalam hal ini melalui Dinas Pariwisata yang masih terus mengembangkan dan mempertahankan nilai-nilai budaya melalui berbagai event dan kegiatan, sehingga adat dan budaya Kota Solok terus bertahan di tengah-tengah perkembangan arus teknologi informasi dan globalisasi yang saat ini tidak bisa dibendung.

Salah rasa sangat terhibur menyaksikan acara ini. “Kegiatan seperti ini sudah jarang kita temui seorang pengunjung, Yuli, yang berasal dari Kelurahan Tanah Garam, medan masyarakat sangat rindu dengan event seperti ini semoga bisa terus berlanjut dan bahkan bisa lebih meriah lagi,” ujarnya.

Di tempat yang sama Kepala Bidang Promosi Pariwisata dan Kebudayaan, Diana Fitria,SS menyampaikan bahwa untuk tahun 2022 ini akan ada berbagai event yang dilaksanakan oleh dinas Pariwisata diantaranya Sumarak Anak Nagari, Festival Batang Lembang, Rang Solok Baralek Gadang, Pekan Kebudayaan Daerah, Silek Art Festival, Festival Krisan dan Festival Ekraf.

“Event yang rencananya akan dilaksanakan tahun ini merupakan kolaborasi pemerintah daerah dengan berbagai komunitas seni, komunitas Ekraf, lembaga adat dan stakeholder terkait lainnya. Sehingga nantinya kita berharap event ini dapat meningkatkan angka kunjungan wisatawan, serta dapat menggeliatkan kembali ekonomi masyarakat khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” pungkasnya.

(gra)

Pos terkait