Emphaty Project Kota Solok: 500 Siswa SD Terlibat dalam Kegiatan Anak Hebat Anak Indonesia

Kota Solok | Topsumbar – Kurang lebih 500 orang siswa Sekolah Dasar se-Kota Solok mengikuti kegiatan “AHAI” (Anak Hebat Anak Indonesia) di Gedung Kubuang Tigo Baleh, Selasa (22/3). Kegiatan ini merupakan bagian dari Program emphaty project tahun 2022 bersama lembaga Sociopreneur Indonesia.

Program Empathy Project sendiri merupakan flagship program (program unggulan) dari lembaga Sociopreneur Indonesia, berupa pembangunan kreativitas sosial, inovasi dan kewirausahaan masyarakat melalui pendampingan oleh para volunteer (relawan) berpengalaman sehingga terciptalah masyarakat yang mandiri dan mampu berdaya.

Sebelumnya Pemko Solok telah melakukan MoU dengan Lembaga Sociopreneur pada 11 Oktober 2021 yang lalu. Bentuk kerja sama Pemko Solok dengan lembaga Sociopreneur Indonesia tersebut adalah melalui program empathy project di Kota Solok pada tahun 2022, meliputi bidang Pariwisata, UMKM, Edukasi dan Kepemudaan.

Bacaan Lainnya

Anak Hebat Anak Indonesia dirancang oleh Sociopreneur Indonesia untuk merangsang kreativitas dengan mengembangkan phisycal intellectual, social emotional dan kecerdasan spiritual.

AHAI bertujuan untuk mempromosikan kewirausahaan kepada anak-anak melalui serangkaian kegiatan yang menyenangkan dan permainan kreatifitas. AHAI melibatkan siswa Sekolah Dasar dan relawan sebagai fasilitator. Kegiatan tersebut mendorong peserta untuk berani bermimpi, berani mencoba dan tidak takut gagal.

Peserta juga belajar untuk bertanggung jawab terhadap diri sendiri, orang-orang sekitar mereka dan lingkungan mereka. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pembelajaran menemukan dan pengalaman dengan tujuan meningkatkan empati individu dan empati kelompok keterampilan fisik, intelektual, social emosional dan keterampilan spiritual.

Kegiatan AHAI yang dilaksanakan kali ini melibatkan kurang lebih 500 orang siswa sekolah dasar di Kota Solok secara langsung, selain itu juga tergabung ratusan siswa lainnya secara virtual.

Berbagai permainan dihadirkan oleh fasilitator. Ada tiga permainan yang dihadirkan, di antaranya siswa diminta untuk membuat bintang keinginan/ cita-cita mereka dengan tujuan siswa mampu menumbuhkan semangat untuk meraih cita-cita yang diinginkan.

Selanjutnya percobaan sains, dimana fasilitator memberikan arahan tentang benda yang bisa tenggelam dan terapung di air dengan menambahkan garam, serta ilmu bahwa garam bisa menahan atau memperlambat es batu mencair.

Setelah sesi istirahat dilanjutkan dengan menulis surat kepada teman-teman yang berada di daerah luar, tepatnya Jawa Barat. Pada peserta menuliskan surat lalu membacakan surat mereka. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun rasa kekeluargaan yang tinggi di antara sesama.

Empathy Project tahun 2022 menghadirkan 6 kegiatan yang menarik, AHAI (Anak Hebat Anak Indonesia) adalah program bermain sambil belajar kreatifitas bersama 500 anak di Kota Solok, YEP (Youth Entepreneur Program) merupakan Bootcamp yang ditujukan kepada anak muda di Kota Solok untuk merancang inovasi untuk sektor UMKM dan Pariwisata di Kota Solok.

Selanjutnya Ngaji Literasi adalah seminar dan workshop literasi yang ditunjukan bagi mahasiswa di Kota Solok untuk membangun soft kill dan menumbuhkan budaya baca. Micro Library, kegiatan penyaluran buku kepada tiga perpustakaan mikro bentukan masyarakat sebagai upaya peningkatan literasi membaca, kali ini buku yang disalurkan disponsori oleh Elex Media Komputindo.

Berikutnya kegiatan Three S, merupakan Seminar Hybrid dengan tema: Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Lokal melalui Peningkatan Literasi Digital. Selanjutnya kegiatan akan ditutup dengan menghadirkan Diskusi Panel dengan tema: Peran Pendidikan dan Pemuda Untuk Membangung Kota Solok.

Tertarik untuk terlibat dalam Empathy Project Kota Solok tahun 2022 ini? Mari bergabung dalam kampanye Global yang berfokus pada Keberlanjutan Lingkungan di Earthvenger dan Tantangan Kebaikan 7 hari ! atau ingin melihat kegiatan yang berlangsung bisa dilihat secara virtual di Media Sosial Diskominfo Kota Solok dan Info Publik Solok.

(gra)

Pos terkait