Pembekalan Kader PKK dalam Upaya Penanganan Covid-19

Kota Solok | Topsumbar – Menindaklanjuti arahan dari PKK Pusat dalam mendukung upaya pencegahan Covid-19, TP-PKK Kota Solok melalui Pokja IV Bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan menyelenggarakan pembekalan dan pengarahan bagi Kader PKK di Kota Solok, Selasa (8/2/2022).

Kegiatan pembekalan ini dilaksanakan secara virtual melalui media zoom meeting, diikuti 50 Kader PKK baik di tingkat kecamatan maupun kelurahan, RW, RT serta Dasawisma. Kegiatan serupa juga dilaksanakan seluruh TP-PKK se-Sumatera Barat.

Mengusung tema pembekalan dan apresiasi Kader PKK pro sehat kendali Covid-19/ Duta Perubahan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat, pembekalan ini menghadirkan narasumber Dr. Sonny Harry B Harmadi (Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penangangan Covid-19) dan Safriati Safrizal ZA (Ketua Bidang IV Kesehatan Keluarga dan Lingkungan TP-PKK Pusat).

Bacaan Lainnya

Dalam materinya, narasumber menyampaikan penanganan Covid-19 tidak dapat bergantung pada upaya kesehatan (vaksinasi dan pengobatan). Upaya penanganan Covid-19 harus dimulai dari masyarakat itu sendiri untuk dapat beradaptasi dengan situasi baru.
Untuk itu, diperlukan konsep perubahan perilaku yang akan membantu masyarakat untuk bisa beradaptasi dengan situasi covid-19 lebih cepat.

Peran duta perubahan perilaku hidup bersih dan sehat itu dapat dikedepankan oleh Kader PKK dalam penerapan protokol kesehatan (3M), melakukan sosialisasi, edukasi, dan penegak kedisiplinan penanganan Covid-19 (3M, 3T, dan vaksinasi) di lingkungan kerja dan masyarakat.

Lebih jauh, duta perubahan perilaku berperan serta dalam posko kelurahan di wilayahnya serta melaporkan perkembangannya melalui aplikasi bersatu lawan Covid-19 yg mana dapat di download pada https://linktr.ee/SatgasPerubahanPerilaku atau melalui Instagram satgasperubahanperilaku. (gra)

Pos terkait