Pelantikan Pengurus KONI 2022-2026, Momentum Kebangkitan Prestasi Olahraga Kota Solok

Kota Solok | Topsumbar – Kepengurusan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Solok masa jabatan 2022-2026 resmi dilantik oleh Ketua KONI Provinsi Sumatera Barat, H. Agus Suardi, bertempat di Gedung Kubung Tigobaleh, Rabu (9/2/2022). Pelantikan gerbong kepengurusan Rudi Horizon diharapkan menjadi momentum kebangkitan prestasi olahraga di Kota Solok.

Pelantikan disaksikan langsung oleh Gubernur Sumbar yang diwakili oleh Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sumbar, Wali Kota Solok, Ketua DPRD Kota Solok, jajaran Forkopimda, tokoh adat, Kepala BUMN, BUMD, Kepala OPD, Kepala Sekolah se-Kota Solok, Pramuka, tokoh pemuda serta seluruh pengurus cabang olahraga di Kota Solok.

Rudi Horizon yang terpilih sebagai Ketua KONI Kota Solok pada Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) yang digelar 13 Desember 2021 yang lalu, setelah unggul 6 suara dari Ori Yuliando, dimana dari suara hak pilih 43 cabang olahraga, Rudi memperoleh 24 suara dan Ori meraih 18 suara, sisanya 1 suara tidak sah.

Bacaan Lainnya

Wali Kota Solok Zul Elfian Umar dalam sambutannya menyampaikan kepada Pengurus KONI yang baru dilantik ini agar “berlari” (gerak cepat) mempersiapkan bibit-bibit atlet berprestasi dalam membangun olahraga secara umum di Kota Solok. Wako menyarankan juga setelah pelantikan ini, KONI langsung mengagendakan rapat kerja.

“Kita pasti bangga jika ada putra-putri dari Kota Solok hadir dan tampil pada event-event olahraga daerah, nasional bahkan internasional. Dalam olahraga tidak ada yang instan tiba-tiba jadi atlet hebat. Untuk mencetak atlet berprestasi harus dibina sejak usia dini, sekolah-sekolah yang ada di Kota Solok harus diupayakan memiliki ekstrakurikuler khusus olahraga di akhir pekan,” tegas Wako.

Selain itu, Wako juga ingin kepengurusan KONI Kota Solok yang baru saja dilantik ini untuk mempersiapkan diri, menyiapkan Kota Solok menjadi tuan rumah Porprov Sumbar pada 2023 nanti.

“Kota Solok saja yang belum pernah menjadi tuan rumah event olahraga provinsi ini, nanti kita juga akan diskusikan dengan DPRD tentang kesanggupan kita untuk mewujudkan keinginan besar kita menjadi tuan rumah Porprov,” tambah Wako.

Wako juga menjelaskan bahwa Kota Solok sedang mempersiapkan fasilitas olahraga, GOR Marahadin yang masih dalam tahap pembangunan. Pemprov telah bersedia menggelontorkan dana sebesar 12 miliar untuk penyelesaian pembangunan GOR Marahadin pada tahun ini.

Ketua KONI terpilih, Rudi Horizon mengucapkan terima kasih atas amanah yang telah diberikan cabor melanjutkan prestasi dan capaian kepengurusan terdahulu.

“Merupakan sebuah tanggung jawab besar yang harus dijalankan selama empat tahun ke depan, dengan motto maju dan berprestasi, kita akan melakukan perubahan ke arah yang lebih baik serta akan menyiapkan Kota Solok sebagai tuan Porprov 2023,” tekadnya.

“KONI sangat butuh support dan pendampingan dari Pemkot dan Pemrov untuk kelancaran dalam pelaksanaan program-program nantinya,” sambung Rudi.

Usai melantik kepengurusan KONI Kota Solok, Ketua KONI Sumbar menyatakan pihaknya akan terus mendorong dan memotivasi proses pembangunan olahraga di daerah untuk menghasilkan atlet berprestasi. Terkait kepastian pelaksanaan Porprov 2023 yang terus tertunda akibat situasi pandemi, KONI Sumbar terus bersinergi dengan KONI Kota Solok menjajaki kesiapan Kota Solok menjadi tuan rumah.

“Kami menunggu jawaban dari Kota Solok untuk siap menjadi tuan rumah pekan olahraga provinsi berikutnya, serta kami mengapresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kota Solok yang telah ikut mengirimkan atlet dan pelatih pada PON di Papua lalu. Selamat bekerja kepada pengurus, semoga amanah,” ucap H. Agus Suardi.

Acara pelantikan yang dikemas dengan baik ini ditutup penampilan secara bergantian atraksi atlet wushu cilik binaan Kodim 0309/Solok, atraksi sanggar silek simpia dan penampilan shorinji kempo Perkemi Kota Solok. (gra)

Pos terkait