Bupati Agam Buka MTQ Nasional Ke-IV Tingkat Kecamatan Sungai Pua

Agam | Topsumbar – Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, MM, buka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-IV, tingkat Kecamatan Sungai Pua, di Lapangan Bola Kaki Batu Palano, Selasa (8/2).

Ketua panitia Erizon mengatakan, MTQ Nasional ke-IV tingkat Kecamatan Sungai Pua ini, diikuti sebanyak 203 kafilah yang berasal dari 5 nagari yang ada di Kecamatan Sungai Pua.

“Cabang yang diperlombaan pada MTQ kali ini adalah cabang tilawah kanak-kanak, anak-anak, remaja, dan dewasa. Cabang tartil dasar, menengah dan umum. Cabang hifzhil Qur’an 1 juz tilawah dan non tilawah. MSQ, MFQ, khutbah Jumat dan Adzan serta kaligrafi,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Dikatakan, MTQ ini dilaksanakan untuk ajang evaluasi dan persiapan menjelang MTQ Nasional ke 40 tingkat Kabupaten Agam.

“Nantinya yang juara akan mewakili Kecamatan Sungai Pua pada MTQ Nasional ke-40 tingkat Kabupaten Agam, yang akan dilaksanakan pada Mei mendatang di Kecamatan Palupuah,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, MM, mengatakan MTQ merupakan salah satu upaya dalam mensyiarkan agama Islam dan Al-Quran.

“Oleh sebab itu, MTQ ini jangan hanya sebagai ajang perlombaan semata, tapi MTQ ini mampu mendorong kita untuk menjadikan Alquran sebagai pedoman dan tuntunan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Dikatakan, Pemerintah Kabupaten Agam  akan selalu memberikan perhatian terhadap  kegiatan-kegiatan seperti ini, karena sejalan dengan salah satu program Kabupaten Agam, khususnya di bidang agama, yaitu satu rumah tahfiz satu nagari.

“Diharapkan kedepannya, dengan adanya MTQ ini, dapat menambah semangat generasi muda untuk mempelajari dan mengamalkan ilmu Alquran,” harapnya. (HR)

Pos terkait