Bawaslu Gandeng UMMY Solok dalam Pengembangan Pengawasan Partisipatif

Dalam rangka upaya meningkatkan partisipatif masyarakat dalam pengawasan Pemilu/pemilihan, Ketua Bawaslu Kota Solok Triati menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Rektor Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Solok Prof. Syahro Ali Akbar, pada Rabu (29/12/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan di Kampus UMMY Solok ini, dihadiri oleh Ketua beserta Anggota Bawaslu Kota Solok, Koordinator Sekretariat dan Wakil Rektor II UMMY Solok Fajri Basyirun, M,Pd,E.

Dalam sambutannya Triati menyatakan bahwa Nota Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang ditandatangani hari ini adalah tentang pengawasan Pemilu/pemilihan partisipatif dan pengembangan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Kota Solok.

Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan partisipatif masyarakat dalam pengawasan Pemilu/pemilihan di Kota Solok dan UMMY sebagai lembaga Perguruan Tinggi (PT) tentunya menjadi pihak yang sangat berperan dalam pengembangan parisipatif masyarakat.

“Kita akan menghadapi pemilu/pemilihan serentak tahun 2024, untuk itu kita perlu bangun kerja sama dengan para stakeholder agar pengawasan Pemilu berjalan dengan baik dan lancar. Untuk mewujudkan itu hari ini kita lakukan penandatanganan MoU dan PKS bersama UMMY Solok dan melalui kegiatan Tri Dharma Tinggi kita yakin UMMY dapat meningkatkan pengawasan partisipatif di Kota Solok,” ujar Triati.

Lebih lanjut Triati menjelaskan bahwa ruang lingkup kerja sama ini meliputi pengembangan dan penyebar luasan informasi tentang pengawasan Pemilu dan pemilihan secara partisipatif bersama almamater dan seluruh Civitas Akademika UMMY Solok serta Pengembangan Kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Kota Solok,” imbuhnya.

Sementara itu Rektor UMMY Solok Prof. Syahro Ali Akbar menyambut baik penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) ini dan berharap ada tindaklanjut kegiatan yang akan dilaksanakan secara bersama-sama dalam bidang sosialisasi tentang pengawasan Pemilu/pemilihan.

“Kita sebagai pihak akademisi tentunya sangat mendukung upaya yang di lakukan kawan-kawan (Bawaslu) dalam menciptakan Pemilu/pemilihan yang jujur dan adil (Jurdil). Untuk itu kita siap membantu meningkatkan partisipatif masyarakat, misalnya melalui kegiatan KKN mahasiswa, Kemah Bhakti Mahasiswa (KBM), pengabdian masyarakat, penelitian, magang mahasiswa dan kegiatan-kegiatan lain yang bermanfaat bagi Civitas Akademika UMMY Solok,” pungkasnya. (gra)

Pos terkait