Rangkaian HSP Ke-93 di Kota Padang Panjang, Wako Fadly Temu Ramah Bersama OKP

Rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke-93 tahun 2021 di Kota Padang Panjang, salah satunya diwarnai kegiatan Temu Ramah Wali Kota Bersama Organisasi Kepemudaan (OKP) se-Kota Padang Panjang.

Kegiatan yang diinisiasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Padang Panjang bersama Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) setempat, berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota, Rabu malam, (27/10/2021) .

Wali Kota Padang Panjang, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano dalam sambutannya, mengapresiasi OKP se-Kota Padang Panjang yang membuktikan bahwasannya daerah ini masih memiliki pemuda-pemudi yang yang ingin berikhtiar demi membangun bangsa dan negara

Bacaan Lainnya

“Kita butuh pemuda yang betul-betul memiliki level kapasitas dan kapabelitas yang luar biasa. Bukan hanya tentang pribadinya, tetapi tentang apa yang bisa diperbuat untuk masyarakat,” ucap Wako Fadly.

Ia juga mengatakan, pemuda-pemudi menjadi garda terdepan untuk memelihara persatuan dan kesatuan bangsa dan negara.

“Melalui Sumpah Pemuda; satu tanah air, satu bangsa, satu bahasa menjadi esensi bahwa semangat persatuan yang mempertemukan kita sehingga negara ini bisa merdeka. Sehingga tidak ada pemuda yang cenderung memecah belah. OKP ini yang menjadi perekat dari perbedaan-perbedaan tersebut,” tegasnya.

Wako Fadly berharap, dari pertemuan dengan OKP se-Kota Padang Panjang, program-program kepemudaan bisa memberikan warna terhadap arah dan tujuan pembanguan kepemudaan ke depan.

“Pemerintah nantinya akan ikut bersumbangsih terhadap visi-misi kepemudaan. Karena cerminan masa depan Kota Padang Panjang terletak di bahu pemuda-pemudi,” pungkas Wako Fadly.

Sementara itu, Andi Ariyanto diwawancara khusus Topsumbar.co.id, mengatakan persatuan bangsa Indonesia sejak 93 tahun yang lalu ialah bukti bersatunya pemuda Indonesia dan tanpa persatuan pemuda, bangsa Indonesia tidak kita nikmati hari ini.

“Dengan keterbatasan media komunikasi, terbatasnya transportasi dan media koneksi lainnya saat itu tidak mengurangi semangat pemuda dari Maluku sampai Aceh berjumpa merumuskan komitmen kebangsaan menuju kedaulatan. Tanah Air Satu, Bahasa Satu,
Bangsa Satu, INDONESIA,” kata Andi.

Lebih lanjut, sebut Andi, perjuangan pemuda sesuai perkembangan zaman tentu sangat berbeda. Jika dahulu pemuda berjuang hakikinya agar bangsa Indonesia dapat merdeka. Berbeda dengan era sekarang dimana pemuda harus menjadi katalisator di masa sulit saat pandemi sekarang ini, harus mampu berinovasi dan berkontribusi untuk kemajuan agar ekonomi Indonesia tumbuh kembali.

Untuk itu, ujar Andi, menyambut momentum Hari Sumpah Pemuda ke-93 tahun 2021, dirinya mengajak anak muda Kota Padang Panjang untuk bersama-sama melakukan terobosan baru kewirausahaan.

“Sesuai tema peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 93 tahun 2021, yakni Bersatu, Bangkit dan Tumbuh. Mari kita lakukan terobosan semangat kewirausahaan untuk perekonomian Kota Padang Panjang,” ajak Andi.

Terkait temu ramah OKP se-Kota Padang Panjang bersama Wali Kota, disebutkan Andi Ariyanto bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan membangun sinergi antar-OKP dan juga pemerintah.

“KNPI bersama OKP se-Kota Padang Panjang merupakan mitra strategis bagi pemerintah untuk menjalankan program pembangunan kepemudaan. Nantinya kita juga bisa bekerja sama dengan pemerintah dalam berbagai bidang sesuai bidang organisasi kepemudaan,” ujar Andi.

Adapun upacara peringatan HSP ke-93 tahun 2021 di Kota Padang Panjang dilangsungkan di Halaman Balai Kota, Kamis (28/10/2021), berlangsung khidmat.

Upacara dipimpin Wakil Wali Kota, Asrul diikuti organisasi kepemudaan, ASN, dan para pelajar. Turut hadir, Forkopimda, dan jajaran pejabat Pemko.

Wawako Asrul saat membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga, Dr. Zainudin Amali, M.Si mengatakan, momentum Hari Sumpah Pemuda harus mampu menjadi perekat persatuan sebagai bangsa untuk bersama-sama bangkit melawan pandemi.

“Tak kalah pentingnya adalah mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang kokoh melalui kewirausahaan pemuda,” kata Wawako Asrul.

(AL)

Pos terkait