Gubernur : “Agar Masyarakat Cakap Berinternet”

“Saat ini pengguna internet di Indonesia yaitu 170 juta jiwa, dibutuhkan literasi digital agar masyarakat menjadi makin cakap berinternet dan bersosial media,” demikian disampaikan Gubernur Sumbar Mahyeldi, SP selaku Keynote Speaker Webinar Bijak Sebelum Mengunggah di Media Sosial siang ini Sabtu (21/08).

Narasumber lainnya pada webinar ini antara lain Puji Basuki, SP, M.MA (Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Sijunjung), Abdul Azis Nasta, SP (Region Supervisor of Padang YBM BRI), Dra. Harnetti, M.Si (Kepsek SMAN 2 Sijunjung) serta publik figur Hilbram Dunar (Founder and Chief Product Officer Threespeakers).

Webinar yang dipandu oleh Gabby Mahalani (Owner Sukakopi) selaku host ini juga menampilkan Sevira Elda (Content Creator) selaku Key Opinion Leader merupakan rangkaian dari Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 sekaligus memperingati HUT RI ke-76.

Bacaan Lainnya

“Media sosial sudah menjadi bagian dari hidup kita,” demikian disampaikan Puji Basuki, SP, M.MA saat membawakan materi “Kenali dan Pahami Rekam Jejak di Era Digital”.

“Kalau jejak kaki bisa hilang oleh hujan, sedangkan jejak digital tidak bisa dihapus,” demikian ditambahkan Sekdiskominfo Kabupaten Sijunjung.

“Jejak digital sangat menentukan terhadap employment, customer behaviour serta service personalize,” ujarnya lebih lanjut.

Sementara itu Hilbram Dunar dalam materi “Positif, Kreatif dan Aman di Internet” mengatakan bahwa “Setiap media sosial memiliki karakter tersendiri”.

Selanjutnya Hilbram Dunar memberikan tips bermedia sosial antara lain follow akun yang baik, sebarkan konten positif, berkomentar dengan baik, berikan apresiasi untuk hal-hal baik, keluarga adalah yang utama (family value) dan selalu berkomunikasi digital dengan cara baik.

Dra. Harnetti, M.Si dalam materi “Menjadi Pengguna Internet yang Anti Perundungan” mengatakan betapa banyak aksi perundungan di lingkungan usia sekolah, “Perundungan yang muncul adalah fenomena gunung es,” tutupnya.

(Gun)

Pos terkait