Rupajang Gelar Serbu Vaksinasi Covid-19, Disaksikan Langsung Kakanwil Kemenkum dan HAM Sumbar

Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Padang Panjang atau disingkat Rupajang menggelar kegiatan serbu vaksinasi Covid-19 untuk warga masyarakat yang belum divaksin disekitar Rupajang, Selasa, (13/07/2021).

Kegiatan serbu vaksinasi Covid-19 untuk warga masyarakat yang untuk pertama kali diadakan di lingkungan Kanwil Kemenkum dan HAM Sumbar tersebut diikuti Dua ratus orang lebih warga masyarakat yang ikut mendaftar untuk divaksin.

Tidak hanya itu, kegiatan tersebut turut dihadiri dan disaksikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkum dan HAM) Provinsi Sumatera Barat, R. Andhika Dwi Prasetya, Bc.IP, S.Pd.

Bacaan Lainnya

Kakanwil yang ikut didampingi Kepala Divisi Imigrasi/Plh. Kepala Divisi Pemasyarakatan, Syamsul Efendi Sitorus, S.Sos, MA mengapresiasi terselenggaranya kegiatan serbu vaksinasi Covid-19 dimaksud.

“Ya, hari ini sama-sama kita lihat peran aktif Kementerian Hukum dan HAM melalui Kanwil Kemenkum dan HAM Sumbar di Rutan Padang Panjang dengan pelaksanaan kegiatan serbu vaksinasi Covid-19 bagi warga masyarakat disekitar Rutan,” ujar Andhika kepada awak media disela menyaksikan serbu vaksinasi di halaman depan Rupajang.

Disebutkan Andhika, Kementerian Hukum dan HAM, khususnya Kanwil Sumbar melalui ujung tombak Rutan Padang Panjang ikut peduli melakukan bhakti kepada masyarakat.

“Pelaksanaan serbu vaksinasi di Rupajang ini adalah juga melaksanakan perintah Bapak Presiden untuk segera memaksimalkan vaksin agar dapat dipastikan masyarakat kita bisa tangguh menghadapi penyebaran Covid-19, khususnya di kota Padang Panjang ini,” sebut Andhika.

Disebutkan juga oleh Andhika, pelaksanaan serbu vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat yang belum di vaksin disekitar Rutan Padang Panjang adalah kerjasama Rutan Padang Panjang dengan Puskesmas Koto Katik dan Dinkes Kota Padang Panjang.

“Hari ini jumlah warga divaksin di Rutan Padang Panjang terdata 200 orang lebih yang pelaksanaannya tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” sebut Andhika.

Andhika juga mengatakan kegiatan serbu vaksinasi Covid-19 untuk warga masyarakat disekitar Rutan Padang Panjang menjadi satu langkah pertama dilingkungan Kanwil Kemenkum dan HAM Sumbar.

Hal itu imbuh Andhika selaras dengan ditetapkannya Kota Padang Panjang sebagai salah satu kota yang terkena PPKM Darurat Covid-19 bahwa di Padang Panjang ini perlu memang masyarakatnya segera vaksinasi.

“InsyaAllah akan kita lanjutkan dan susul di Lapas-lapas, Rutan-rutan dan Satker-satker dibawah Kanwil Kemenkum dan HAM Sumbar yang lainnya dan tentunya bekerja sama dengan stakeholders, seperti Dinkes, Puskesmas, TNI, Polri, dan juga pihak-pihak lain yang bisa menyelenggarakan vaksinasi di negara kita,” kata Andhika.

Terakhir, disebutkan Andhika, kegiatan vaksinasi Covid-19 di lingkungan Kemenkum dan HAM Sumbar sebetulnya sudah dilaksanakan di seluruh UPT, khususnya UPT pemasyarakatan.

Namun imbuh Andhika, ternyata masyarakat dilingkungan Rutan masih banyak yang belum mendapat vaksinasi.

“Maka untuk itulah kami bekerja sama dengan Puskesmas terdekat dengan Rutan dan dengan Dinkes guna memberi kesempatan kepada warga masyarakat yang belum divaksin,” imbuh Andhika.

“InsyaAllah juga kami akan gelar serbu vaksinasi Covid-19 di Kanwil Kemenkum dan HAM Sumbar, mungkin besok di Rutan Padang dan di Lapas Bukittinggi,” pungkas Andhika.

Sementara itu, Kepala Rutan Padang Panjang, Rudi Kristiawan, A. Md, IP, SH, MM mengatakan dilaksanakan nya serbu vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat adalah sebuah bentuk dukungan kepada pemerintah untuk mendukung semua warga masyarakat dapat menerima vaksin dengan baik.

“Nah, kami yakin di luaran sana teman-teman kami anggota TNI dan Polri sudah bergerak mengarahkan masyarakat untuk diberikan vaksin dan kita selaku Rutan Padang Panjang mewakili Kemenkum dan HAM ingin ikut andil juga seperti halnya rekan-rekan TNI dan Polri didalam mendukung pemerintah menyukseskan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat luas,” kata Rudi.

Adapun pelaksanaan serbu vaksinasi Covid-19 hari ini, sebut Rudi, terlihat sangat tingginya antusias dan animo masyarakat untuk ikut mendapatkan vaksin dan itu terlihat bagaimana jalan depan Rutan penuh.

“Alhamdulillah warga masyarakat yang hadir untuk di vaksin tetap mengikuti prokes dengan memakai masker, mencuci tangan pada wastafel yang telah disediakan, menjaga jarak, serta pihaknya juga
menyiapkan air minum bagi warga masyarakat yang hendak minum,” tutup Rudi sembari menginformasikan 14 hari lagi bakal dilaksanakan vaksinasi tahap kedua di tempat yang sama.

(AL)

Pos terkait